Pasar Leces Terbakar, Lapak Sementara Bakal Disiapkan Bagi Ratusan Pedagang Terdampak

© mili.id

Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto (Kanan) bersama Kepala DKUPP, Taufiq Alami (Foto: Fades/mili.id)

Probolinggo - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo bakal membangun lapak sementara bagi pedagang Pasar Leces yang kiosnya terbakar.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto. Menurutnya, selain membersihkan puing-puing sisa kebakaran, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait juga sedang mendata para pedagang yang lapaknya terbakar.

"Kita akan carikan tempat sementara, kita akan bangun tempat agar para pedagang bisa berjualan sementara waktu. Jadi semuanya bisa jalan, untuk pembersihan sisa kebakaran bisa jalan, dan para pedagang juga bisa berjualan," ungkap Ugas, Selasa (5/12/2023).

Mantan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo itu menyadari bahwa kebakaran yang terjadi di Pasar Leces merupakan bencana akhir tahun dan otomatis tidak ada anggaran.

"Di Tahun 2024 nanti akan langsung dianggarkan. Oleh karena itu sekarang kita fokus pendataan para pedagang yang lapaknya terbakar, agar nanti saat pembangunan lapak baru di Tahun 2024 tidak sampai ada rebutan antar pedagang," jelas Ugas.

Pasar Leces terbakar pada Senin (4/12/2023) sore. Api baru bisa dipadamkan setelah 11 jam petugas pemadam kebakaran berjibaku di lokasi.

Akibat kebakaran tersebut, 265 lapak pedagang ludes. Bahkan kerugian materiil ditaksir mencapai Rp1,5 miliar. Beruntung, akibat kebakaran kedua pasca Tahun 2016 ini, tidak ada korban jiwa.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait