Hadapi Pemilu 2024 Caleg PPP Jember Mendapat Pembekalan Khusus

© mili.id

DPC PPP Jember menggelar menggelar acara Bimbingan Teknis di Hotel Bintang Mulya, Kecamatan Kaliwates, Jember. (Foto: Atta for mili.id)

Jember - Sesuai dengan yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pemilu. Ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT), adalah sebesar 4 persen pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

Terkait hal ini, DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jember memberi pembekalan khusus kepada para caleg. Dengan menggelar acara bimtek (bimbingan teknis) di Hotel Bintang Mulya, Kecamatan Kaliwates, Jember.

Adanya perhatian soal PT tersebut, menurut Ketua DPC PPP Jember KH. Madini Farouq (Gus Mamak) sebagai bentuk perhatian dan tanggung jawab dari para caleg dari partai berlambang Ka'bah itu.

Untuk tetap fokus terkait pemenangan yang dilakukan pada Pileg 2024 mendatang. Juga tidak lupa untuk juga ikut mengkampanyekan pilpres yang juga dilakukan di waktu bersamaan.

Perlu diketahui, PT merupakan syarat perolehan suara minimum bagi partai politik untuk mendapatkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Perhitungan PT dalam Pileg 2024, menggunakan metode sainte lague yang mengonversi jumlah suara partai menjadi kursi DPR. 

"Terkait pemenangan dalam Pemilu 2024 mendatang, kami melaksanakan bimtek  kepada para caleg dari PPP. Dimana bimtek ini dilaksanakan karena ada beberapa aturan yang perlu diketahui caleg," kata Gus Mamak, Kamis (07/12/2023).

Pembekalan tersebut masih menurut GUs Mamak, termasuk dengan sistem pelaporan dana kampanye atau Sikadeka (Sistem Informasi Kampanye dan Dana Kampanye). Sehingga dalam acara ini pihaknya juga mengundang KPU untuk datang dan memberi materi kepada para caleg.

Dalam bintek ini juga untuk melakukan penguatan bagi para calegnya.Terutama soal bagaimana tugas penting yang harus dilakukan, terlebih soal progres pemenangan dalam Pemilu 2024 mendatang. Karena saat tanggal 14 Februari 2024, ada target pemenangan pada pileg dan juga pilpres.

"Sejauh ini para Caleg kami sudah jalan (dalam mempersiapkan diri jelang Pileg 2024). Namun ya perlu ditata strateginya bagaimana, supaya mereka bisa melakukan langkah - langkah efektif dan efisien untuk bisa mendapatkan suara pada Pemilu 2024 mendatang. Termasuk juga dalam rangka mengingatkan para Caleg, bahwa pasangan capres yang didukung resmi oleh PPP adalah Ganjar-Mahfud," ujar Gus Mamak menjelaskan.

Dengan adanya dua tugas penting yang diemban oleh para caleg itu, menurut pria yang juga mantan Ketua DPRD Jember periode 2004-2009 itu, perlu untuk diingatkan dan dikuatkan agar mencapai target dari partai.

"Nah ini supaya mereka saat melakukan kegiatan kampanye, ini juga masalah Pilpres juga dibawa (untuk ikut dikampanyekan). Dalam melakukan pergerakan ini, tentu perlu variatif dan tidak monoton. Jangan hanya mengandalkan gerakan-gerakan yang bersifat pragmatis, karena perlu diingat kita PPP adalah Partai Ideologi. Sehingga harus melakukan pendekatan ideologis dan bukan pendekatan pragmatis," ucapnya.

Pentingnya target pemenangan yang harus diraih oleh para Caleg dari PPP Jember itu, lebih lanjut kata Gus Mamak, juga sebagai upaya untuk mencapai PT sesuai aturan yang berlaku.

"Kita pun juga sampaikan kepada para relawan, bahwa tanggung jawab kami dari unsur parpol tidak hanya fokus pada persoalan pilpres. Tapi kami juga harus fokus pada persoalan Pileg. Kenapa? Karena kami juga harus menyelamatkan posisi partai. Apalagi dari berbagai survei, ini kan bisa dikatakan miris untuk melewati ambang batas parliamentary threshold," jelasnya.

Kemudian terkait target Pilpres 2024 mendatang, Gus Mamak menambahkan, pihaknya juga mengingatkan dalam setiap kampanye yang dilakukan.

Para caleg harus turut melakukan pergerakan, yang seiring sejalan dengan kampanye pileg yang dilakukan.

"Soal capres dan cawapres dari yang didukung oleh kami PPP. Untuk pergerakannya kita sampaikan kepada para caleg yang utama, juga tentu disambung dengan silaturahmi dengan para tokoh. Tapi tentu, kita tidak lepas koordinasi dengan teman-teman di TPD (Tim Pemenangan Daerah), apalagi kita masuk di dalamnya," imbuh Gus Mamak.

Karena itu, PPP Jember fokus pada pileg dan pilpres. Sehingga ini penting bagi para caleg, tentu dengan berbagi tugas. Kalau para relawan mereka fokus pada pilpres, sehingga mereka yang diharapkan untuk menjadi ujung tombak pemenangan pilpres.

Pria yang juga Pengasuh Ponpes Riyadlus Sholihien Jember itu juga menitipkan pesan khusus. Terkait upaya yang barus dilakukan caleg saat meraih kemenangan.

"Sehingga menurut kami, fokus pada pileg yang terutama, disamping Pilpres juga kami bawa," tandasnya.

Editor : Aris S



Berita Terkait