Antisipasi Gangguan Keamanan Jelang Nataru, Petugas Rutan Situbondo Geledah Blok Hunian WBP

© mili.id

Petugas Rutan Situbondo menggeledah blok hunian WBP, dan memeriksa para WBP.(Foto: Bahri for mili.id)

Stubondo - Untuk mengantisipasi gangguan keamanan menjelang Hari Natal dan tahun baru (Nataru), petugas Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Situbondo menggeledah seluruh blok kamar hunian Warga Binaan Pemasyaratan (WBP).

Namun, dalam kegiatan penggeledehan yang dipimpin langsung Kepala Rutan IIB Situbondo Rudi Kristiawan, petugas tidak menemukan barang terlarang seperti ponsel, narkoba, fasilitas mewah kamar hunian para WBP di Rutan Situbondo.

"Sehingga dengan tidak ditemukan sejumlah barang berbahaya. Itu menandakan salah satu indikator Rutan Situbondo zero terhadap Halinar (HP, Pungli dan Narkoba)," ujar Rudi, Jumat (8/12/2023).

Menurut dia, penggeledahan ke semua blok hunian WBP ini merupakan kegiatan rutin untuk meningkatkan kewaspadaan, utamanya menjelang Nataru tahun 2024.

"Ini merupakan upaya deteksi dini, untuk mengantisipasi gangguan keamanan disejumlah blok hunian Rutan Situbondo," lanjutnya.

Lebih jauh pria yang akrab dipanggil Rudi menambahkan, jika kegiatan penggeledahan tersebut sesuai surat edaran (SE) tentang kewaspadaan Nataru dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur.

"Sehingga respon petugas Rutan Situbondo, dalam melakukan penggeledahan yang sangat baik untuk selalu waspada, dengan menerapkan back to basic pemasyarakatan, mendapat apresiasi Heni Yuwono Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim," pungkasnya.

 

Editor : Aris S



Berita Terkait