Awas! Komplotan Bandit Bermobil Gentayangan Sasar Motor di Minimarket Kota Mojokerto

© mili.id

Mobil yang diduga dipakai komplotan pencuri motor di Kota Mojokerto (Foto: Tangkapan layar CCTV)

Mojokerto - Komplotan bandit bermobil menyatroni dua minimarket di Kota Mojokerto. Mereka menggasak motor di halaman parkir, setelah berpura-pura membeli barang.

Peristiwa pertama terjadi di minimarket Jalan Muria, Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto sekitar pukul 00.53 WIB, Rabu (6/12/2023).

Dalam rekaman CCTV yang sempat diunggah di media sosial (medsos), tampak dua pria keluar dari mobil Toyota Calya warna oranye.

Salah satu pelaku masuk ke dalam toko, berpura-pura membeli air mineral dan permen. Sedangkan pelaku lainnya terlihat mengeksekusi motor Honda Beat warna hitam.

Motor itu milik Arif Hidayat (19), karyawan minimarket tersebut. Saat itu motor terparkir di sisi selatan toko dan korban melayani pelaku yang berpura-pura sebagai konsumen.

"Saya melihat ada dua orang yang turun. Satu orang pura-pura beli minuman, dan satunya lagi merusak kunci motor, langsung mengendarai ke selatan. Saya tidak sadar karena saya melayani yang pura-pura beli minum itu," terang Arif, Sabtu (9/12/2023).

Korban baru sadar jika motornya dicuri, setelah para pelaku kabur atau sekitar 15 menit meninggalkan minimarket. Saat dicek di CCTV, terlihat jelas motornya dicuri dalam waktu kurang dari 5 menit.

"Dari rekaman CCTV, sebelum beraksi mereka sudah terlihat mondar-mandir. Saya saat itu sedang fokus melayani pelaku yang pura-pura beli. Saya baru sadar saat akan memindah motor lebih dekat, tapi ternyata sudah tidak ada," ungkap dia.

Berselang 15 menit kemudian, komplotan pencuri diduga sama juga beraksi di minimarket Jalan Raden Wijaya, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto.

Dua pelaku teridentifikasi kembali turun dari mobil Calya berwarna oranye. Modus yang mereka lakoni juga sama dengan aksi pencurian di minimarket Jalan Muria.

Kali ini, pelaku menggasak motor Honda Scoopy bernopol S 3915 TU warna merah hitam milik pramuniaga toko, Billy Prastio (20) yang terparkir di depan.

"Aksinya sekitar pukul 01.15 WIB. Ngambilnya jangka waktu beberapa menit saja. Pelaku pura-pura beli dan nyari barang yang gak ada di toko. Kayanya biar ngalihkan perhatian. Untuk karyawan, fokus pada pekerjaan. Nggak nyangka kalau motornya sudah tidak ada," jelas Kepala Toko Indomaret, Arif Budianto.

Dua kasus pencurian tersebut telah dilaporkan ke Satreskrim Polres Mojokerto Kota. Pihak kepolisian tengah melakukan penyelidikan.

Kapolsek Magersari, Kompol Roy Aquary Prawirosastro mengimbau agar masyarakat berhati-hati dan waspada saat memarkir kendaraannya.

"Kami harap warga berhati-hati dan lebih waspada. Selalu sigap ketika ada orang baru dan mencurigakan karena aksi kriminal selalu meningkat jelang pergantian tahun," pungkasnya.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait