Waspada! Banjir Rob Diprediksi Terjadi 6 Hari di Pesisir Jatim, Termasuk Surabaya

© mili.id

Ilustrasi (Foto: Freepik)

Surabaya - Kenaikan permukaan air laut atau banjir rob diprediksi akan melanda sejumlah daerah di pesisir pantai di wilayah Jawa Timur.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak Surabaya, Fajar Setiawan mengatakan, banjir rob diperkirakan terjadi mulai 11 hingga 17 Desember 2023.

Fajar mengimbau agar masyarakat di pesisir Surabaya, Gresik, Lamongan, Tuban, Sidoarjo, Pasuruan, hingga Madura untuk waspada.

"Benar ada potensi banjir rob wilayah Jawa Timur, termasuk di Surabaya," kata Fajar ketika dikonfirmasi mili.id, Senin (11/12/2023)

Menurut Fajar, berdasar data himpunan BMKG itu, puncak banjir diprediksi akan terjadi di sela sela pukul 21.00 WIB - 01.00 WIB dini hari

"Untuk itu, banjir rob diprediksikan akan terjadi sampai nanti di tanggal 17 Desember, terutama malam hari sekitar jam 21.00 sampai 01.00 WIB," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat waspada saat tinggal, maupun beraktivitas di sekitar pesisir pantai Jatim.

"Meski banjir rob tidak terlalu signifikan, berkisar 120 sampai 160 sentimeter, tapi saat intensitas hujan tinggi di wilayah laut, bisa berpengaruh terhadap terjadinya bencana rob yang lebih tinggi," pungkasnya.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait