Bromo Berstatus Level II Waspada, Kunjungan Wisata Masih Normal

© mili.id

Wisatawan tetap beraktivitas normal meskipun Gunung Bromo berstatus Level II Waspada (Foto: Rudy for mili.id)

Probolinggo - Meski status Gunung Bromo saat ini pada Level II Waspada, tapi kunjungan dan aktivitas warga dan wisatawan masih normal.

Diketahui, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) telah memasang papan larangan di radius 1 kilometer kawan aktif Bromo.

Papan larangan itu dipasang agar para wisatawan tetap berada di radius aman, hingga adanya perubahan aktivitas kawah dari hasil pemantauan petugas.

Kabid Tata Usaha BB TNBTS, Septi Eka Wardani mengatakan, kunjungan ke Bromo tidak ditutup meskipun terjadi peningkatan level II. Hanya saja para pengunjung direkomendasikan berada di radius 1 kilometer dari kawah aktif.

"Intinya, jarak aman di radius 1 kilometer saja. Selain itu tempat wisata di wilayah TNBTS bukan hanya Gunung Bromo. Jadi pembatasan hanya untuk aktivitas pengunjung di Gunung Bromo, sesuai dengan rekomendasi dari PVMBG," terang Septi, Kamis (14/12/2023).

Sementara salah pelaku usaha Jeep di Gunung Bromo, Rudy mengatakan bahwa kunjungan wisatawan dan warga di sekitar Bromo masih normal seperti biasanya. Hanya saja, para pedagang, warga ataupun wisatawan tetap ikut anjuran TNBTS dan PVMBG.

"Alhamdulillah masih normal, aktivitas warga atau wisatawan dan pelaku usaha seperti biasanya. Terlebih, dari TNBTS sudah memasang papan di radius 1 km agar wisatawan tahu sampai mana batas yang tidak boleh didekati," ungkap Rudy.

Menurut Rudy, sejak pemberitahuan Level II Waspada Gunung Bromo, dirinya malah tidak menerima wisatawan yang membatalkan kunjungannya. Per hari ini saja, dirinya bahkan kekurangan kendaraan untuk mengangkut para wisatawan.

"Mulai tadi pagi kendaraan (Jeep) saya sudah ada 5 yang berangkat malah masih kurang kendaraan ini. Dan alhamdulilah tidak ada yang cancel dari wisatawan meskipun level waspada tapi tetap kami patuhi pemberitahuan dari TNBTS atau PVMBG," pungkasnya.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait