190 Pelajar dan Mahasiswa Berprestasi Terima Beasiswa dari Pemkab Mojokerto

© mili.id

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyerahkan simbolis kucuran bantuan beasiswa senilai total Rp 1,1 M. (Diskominfo Kabupaten Mojokerto for mili.id).

Mojokerto - Sebanyak 190 pelajar dan mahasiswa berprestasi yang kurang mampu mendapatkan bantuan beasiswa senilai total Rp 1,1 miliar dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto.

Program bantuan beasiswa itu diberikan untuk meringankan biaya pendidikannya serta mencegah pelajar berprestasi putus sekolah di Bumi Majapahit.

Bantuan tersebut diberikan kepada pelajar Sekolah Dasar (SD/MI) sebanyak 90 siswa dengan total Rp 180 juta. Dimana masing-masing mendapat bantuan beasiswa Rp 4 juta per orang.

Sedangkan, Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) sebanyak 50 siswa dengan total dana sebanyak Rp 300 juta. Yakni, masing-masing mendapat bantuan beasiswa Rp 6 juta per orang.

Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA/MA) sebanyak 20 siswa, masing-masing mendapat bantuan beasiswa Rp 9 juta per orang, dengan total bantuan senilai Rp180 Juta.

Selain pelajar, masing-masing perguruan tinggi ini juga mendapatkan beasiswa. Yaitu, Perguruan Tinggi Universitas Surabaya (Ubaya) sebanyak 14 mahasiswa, masing-masing mendapat bantuan beasiswa Rp15 juta per orang dengan total nilai Rp 210 juta.

Universitas Islam Majapahit (Unim) Mojokerto 6 mahasiswa, masing-masing mendapat beasiswa Rp20 juta per orang dengan total nilai Rp120 juta, Institut Agama Islam (IAI) Uluwiyah Mojokerto sebanyak 10 mahasiswa, masing-masing mendapat bantuan beasiswa Rp 10 juta per orang dengan total nilai Rp 100 juta.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menjelaskan, acara ini merupakan program rutin setiap tahun, yang diselenggarakan Pemkab Mojokerto untuk memberikan dukungan pendidikan bagi anak-anak di Kabupaten Mojokerto.

"Tetapi tahun ini istimewa karena baru tahun ini tahun 2023 ini kita bekerja sama dengan perguruan tinggi," ucap Ikfina, di Pendopo Graha Maja Tama (GMT), Pemkab Mojokerto, Kamis, (14/12/2023) sore.

Orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto ini juga mewanti-wanti agar penggunaan beasiswa bagi pelajar maupun mahasiswa berprestasi ini harus diperuntukkan sesuai urusan dan kebutuhan pendidikan.

"Untuk yang mulai dari SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA saya ingatkan bahwa penggunaannya beasiswa harus sesuai, yaitu untuk urusan sekolah, dan semua yang berhubungan dengan sekolah. Sedangkan untuk yang perguruan tinggi ini kita bayarkan untuk membiayai uang kuliah," terangnya.

Melalui program ini, Ikfina juga berharap anak-anak kedepannya tidak hanya lulus SMA sederajat saja, tetapi juga mengenyam pendidikan akademis di perkuliahan.

"Karena kita butuh SDM yang berkualitas dan SDM yang berkualitas itu sejalan dengan pendidikan yang ditempuh. Maka ini nanti kita terus berupaya dan berkomitmen untuk melanjutkan program beasiswa ini," pungkasnya.

 

Editor : Aris S



Berita Terkait