Ratusan Pelajar dan Warga Kompak Bersihkan Pantai Grinting Probolinggo

© mili.id

Kegiatan bersih-bersih di Pantai Grinting, Desa Randutatah, Kecamatan Paiton.(Foto : PLN Nusantara Power for Mili.id)

Probolinggo - Aksi peduli lingkungan dilakukan ratusan pelajar dan warga membersihkan sampah di Pantai Grinting Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jumat (15/12/2023). Bersih-bersih pantai ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan.

Dalam bersih-bersih ini, PLN Nusantara Power Unit Pembangkit (UP) Paiton memberikan dukungan terhadap kegiatan aksi bersih pantai yang dihadiri Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur, Pemkab Probolinggo, perwakilan forkopimda dan sejumlah stakeholder.

Senior Manager PLN Nusantara Power UP Paiton Agus Prastyo Utomo mengatakan, jika sampah yang dipungut berupa puntung rokok, bungkus makanan dan minuman, tali, dedaunan kering, ranting, lalu dimasukkan ke kantong plastik hitam dan diangkut ke tempat penampungan sampah.

"Aksi bersih-bersih pantai kali ini merupakan yang kedua kalinya di Pantai Grinting, sebelumnya dilakukan pada Juni lalu. Alhamdulillah pada acara bersih-bersih kali ini, sampahnya sudah sedikit, tidak sebanyak pada di kegiatan sebelumnya," kata Agus.

Berkurangnya sampah di Pantai Grinting ini, lanjut Agus, tak terlepas dari kesadaran masyarakat sekitar pantai yang mana sebelumnya turut serta turun membersihkan kemudian ditindaklanjuti dengan menjaga kebersihan untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

"Itu artinya kesadaran masyarakat sudah mulai meningkat. Aksi bersih sampah ini kami harapkan menggugah kesadaran tentang pentingnya dalam menjaga kebersihan terutama di lingkungan pesisir pantai. Kami juga berikan 50 sembako kepada warga sekitar," ujar Agus.

Terlebih, menurut Agus, pesisir pantai menjadi ekosistem yang sangat penting karena banyak keanekaragaman hayati yang menggantungkan hidupnya di pesisir pantai. Terlebih kali ini juga banyak dukungan dari instansi seperti DLH Provinsi Jatim dan Pemkab Probolinggo.

"PLN Nusantara Power UP Paiton berharap dari aksi bersih-bersih pantai ini terus menginspirasi masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan dan kedepannya mewujudkan harapan masyarakat yang ingin menjadikan pantai ini sebagai destinasi wisata," tukas Agus.

Sementara Kepala Desa Randutatah Suham menyampaikan ucapan terima kasih kepada PLN Nusantara Power UP Paiton yang turut mendukung kegiatan tersebut dan berharap pantai di desanya itu menjadi salah satu rujukan wisawatawan ke depannya.

"Terutama menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), jadi longkungan pantai semakin bersih. Kemudian keanekaragaman hayati dan ikan-ikan tentu akan semakin banyak setelah aksi bersih-bersih pantai ini," ungkap Suham.

Sedangkan Sekretaris DLH Provinsi Jatim, Siti Nurul Mutassiroh mengatakan jika aksi clean up kali ini merupakan upaya dalam mengembalikan fungsi lingkungan. Sehingga mendapatkan antusias, baik dari pelajar dan masyarakat sekitarnya, terlebih lagi paling berat timbangannya dikasih hadiah.

"Terima kasih PLN NP UP Paiton yang menyalurkan CSR berupa aksi bersih-bersih pantai. Masalah sampah merupakan tugas semua pihak. Sampah tidak akan pernah habis, selama masih ada manusia," pungkasnya.

 

Editor : Aris S



Berita Terkait