Jaga Metabolisme Tubuh dengan Yoga Setiap Hari

© mili.id

Peserta melakukan salah satu gerakan yoga yang dipandu oleh Tarra Rezzovano di Oasis JW Marriott Hotel Surabaya (Foto: Shella/mili.id)

Surabaya - Rutin yoga setiap hari dapat membantu metabolisme tubuh manusia. Tarra Rezzovano, salah seorang instruktur yoga menyebut bahwa yoga tidak terlalu berkeringat, tetapi membakar kalori dalam tubuh.

"Kalau misalnya kita cermati dan kita lakukan tiap hari itu sungguh membantu tubuh kita, apalagi dalam metabolisme tubuh kita. Memang yoga tidak berkeringat, tapi dia berkeringat dari dalam, dia nge-burning seluruh kalori kita di dalam," ungkap Tarra di JW Marriott Hotel Surabaya, Sabtu (16/12/2023).

Dalam yoga setiap Sabtu di JW Marriott Hotel Surabaya, Tarra mengajak peserta melakukan banyak gerakan untuk strengthening flexibility atau kekuatan dan fleksibilitas tubuh.

"Jadi kalau tadi saya banyak yang strengthening flexibility. Jadi itu bisa cocok masuk untuk back bend, bisa cocok masuk untuk arm balance atau keseimbangan tangan kita. Kemudian flexibility pada area lower back dan pada area punggung kita. dan kaki otomatis itu gerak semuanya," papar Tarra.

Dia meyampaikan beberapa step dan gerakan yang telah dilakukan hari ini selama 60 menit per sesi. Mulai dari warming up dengan sequence pertama dan kedua.

"Kemudian ada prep untuk standing sequence ketiga, and than biasa dikasih sedikit challenge entah itu arm balance-nya, tergantung kita prep-nya di awal seperti apa di yoga," ujarnya.

Selain memberikan kebugaran dan kesehatan bagi tubuh, yoga dapat mencerahkan kulit, termasuk kulit wajah.

"Bisa seperti latihan tadi ya, kita seperti cium lutut, itu kan dari tulang punggung. Itu nanti menghasilkan sedikit hyaluronic acid yang di mana itu glukagen dari tubuh kita sendiri. Jadi itu yang bisa membuat glowing wajah kita," jelasnya.

Ia mengingatkan kepada semua, agar melakukan yoga dengan penuh kesadaran untuk sehari-hari, bukan sebagai lifestyle. Sebab, jika melakukan berdasarkan lifestyle, menurutnya akan bertahan 1 sampai 3 bulan, lalu selesai.

"For my opinion lakukan yoga for your daily life not your life style. So, apa yang kamu lakukan sehari-hari itu akan merubah kalian ke depannya. Ya untuk 2024 nanti yoga lakukan dengan penuh kesadaran. Koneksi antara main body and soul itu harus benar-benar utuh tanpa ada yang namanya kita bilang lifestyle ya," tegasnya.

Ia memastikan bahwa yoga harus dilakukan setiap hari, meskipun rentang waktunya sebentar. Dengan itu, seseorang akan ketagihan melakukan yoga.

"Kalau lifestyle, i bad to you. Just two three months and left, and done. Bye. Kalau untuk daily life kamu akan pasti adiktif kamu pasti akan aduh aku nggak yoga today, aku sore nanti akan yoga," ujarnya.

"Jadi itu akan ada rasa candu, event itu 15-30 menit, thats more important for your body and your soul and your mind. Kan banyak ya sekarang ini untuk menjaga kesehatan itu susah. So you have to do yoga for daily life," tandas Tarra.

 

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait