10 Pantai di Probolinggo yang Layak Dikunjungi saat Libur Tahun Baru 2024

© mili.id

Gili Ketapang Probolinggo (Foto: Instagram Gili Ketapang)

Probolinggo - Anda bingung mau berlibur ke mana saat Tahun Baru 2024 nanti? 10 pantai di Probolinggo ini bisa menjadi referensi Anda dan keluarga maupun orang tercinta.

10 pantai di wilayah kota maupun dan Kabupaten Probolinggo ini menampilkan spot yang luar biasa, dan sangat layak Anda kunjungi.

Masing-masing pantai juga menyuguhkan daya tarik tersendiri dan berbeda dengan pantai-pantai di daerah lainnya.

1. Pantai Bentar

Pantai Bentar terletak di perbatasan Desa Curahsawo, Kecamatan Gending dengan Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo.

Pantai ini memiliki beberapa pemandangan indah dan juga beberapa bangunan, seperti dermaga kayu, kincir angin dan menara Eiffel yang masih bisa dijadikan spot foto.

2. Pantai Duta

Pantai yang terletak di bagian timur Probolinggo ini berlokasi di Desa Randutatah, Kecamatan Paiton.

Destinasi yang dipercantik sekitar Tahun 2016 ini masih menjadi salah satu pilihan kunjungan.

Foto: Akun Instagram Pantai DutaFoto: Akun Instagram Pantai Duta

Tempat ini tidak hanya menawarkan pemandangan pantai saja. Namun, pengunjung juga bisa menikmati indahnya pohon cemara serta terdapat jembatan kayu yang saat melintas akan melihat hamparan hutan mangrove.

3. Pantai Gili Ketapang

Pantai ini sudah tidak asing di telinga. Karena pantai ini sudah mendunia. Destinasi ini berada di Desa Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo.

Banyak wisatawan berduyun-duyun menikmati indahnya pantai dengan hamparan pasir putih dan kejernihan air lautnya.

Terumbu karang dan ikan unik juga menanti di pantai yang memiliki jarak tempuh sekitar 30 menit dari Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo itu dengan menaiki kapal.

4. Pantai Mayangan

Pantai yang dikenal sebagai pelabuhan tempat nelayan mendarat ini, biasanya sering dijumpai pelelangan ikan hasil tangkapan para nelayan sekitar.

Pengunjung bisa membeli dan menikmati ikan-ikan segar di pasar tradisional setempat. Pengunjung juga biasanya memancing ikan di sini.

Meski dikenal tempat penjualan ikan, tapi pantai ini juga sering dikunjungi. Sebab tempat ini memiliki daya tarik lain yang bisa dijadikan tempat foto.

5. Pantai BJBR

Pantai ini dekat dengan pusat perkotaan. Pantai BJBR merupakan singkatan dari BeeJay, Bakau Resort, kawasan ekowisata hutan bakau. Lokasinya tidak terlalu jauh dengan pantai Mayangan.

Pengunjung bisa menikmati sejuknya hamparan hutan bakau. Pantai ini juga menawarkan sejumlah fasilitas atau wahana manarik, baik untuk bermain anak dan orang dewasa hingga spot-spot foto yang jarang dijumpai di tempat wisata lainnya.

6. Pantai Bandar Segara

Pantai ini terbilang masih seusia jagung. Namun meski usianya masih kurang lebih sekitar 4 tahun, tapi pantai kali ini cukup sering dikunjungi.

Meski tidak jauh berbeda dengan pantai lainnya, tapi pantai yang terletak di Desa/Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo ini wajib dinikmati.

Pantai Bandar tidak hanya akan membuat para pengunjung berswafoto saj. Melainkan akan memancing penasaran mandi air laut. Oleh karenanya, jika berkunjung ke pantai ini, wajib membawa baju ganti.

Dan tidak perlu khawatir. Usai mandi air luat, di pantai ini juga sudah disiapkan kamar mandi untuk dijadikan tempat bilas. Juga ada gazebo mini, untuk menghilangkan penat dan panasnya terik matahari.

7. Pantai Bahak

Pantai ini memang jarang terekspos. Akan tetapi tidak boleh diremehkan dan dilewati begitu saja.

Dari pemandangan, tak jauh berbeda dengan destinasi pantai di Kabupaten/Kota Probolinggo. Keunggulan pantai ini, mata pengunjungnya akan dimanjakan pemandangan terbenamnya matahari atau sunset.

Seperti diketahui, sunset ataupun sunrise paling banyak diburu wisatawan untuk dijadikan spot foto. Oleh karena itu, jika ingin mengoleksi foto bagus, disarankan ke Pantai Bahak. Selain itu pemandangan pohon cemara juga menanti.

8. Pantai Tambaksari

Pantai ini tidak asing bagi warga Kabupaten Probolinggo. Meski banyak menganggap pantai ini dengan wisata mati, namun pantai berlokasi di Desa Sukokerto, Kecamatan Pajarakan ini juga bisa dikunjungi bersama keluarga.

Di pantai ini, pengunjung nantinya akan melihat luas hamparan pohon mangrove. Selain bisa dijadikan spot foto, pantai ini juga lebih asyik dijadikan tempat camping, terlebih sangat mudah bagi para pengunjung mencari kerang sendiri dan langsung dimasak di tempat.

9. Pantai Pilang

Pantai yang dikenal dengan nama Pantai Permata Pilang ini menjadi salah satu andalan Pemerintah Kota Probolinggo. Wisata yang masih terbilang baru ini, sudah mempu menarik perhatian wisatawan dan berkembang pesat.

Terlebih lagi, banyaknya pohon cemara udang dan cemara pantai dan hutan mangrove-nya. Oleh karena itu, selain sering dikunjungi, wisata ini juga kerap jadi tempat penelitian mahasiswa. Terlebih lagi, keasrian pantai hingga saat ini masih bisa dirasakan.

10. Pantai Bohay

Pantai Binor Harmoni ini terletak di perbatasan Kabupaten Probolinggo-Situbondo. Pantai ini berada di tepi jalur pantura, sehingga sangat mudah dikunjungi untuk dijadikan tempat beristirahat dan menikmati hidangan ikan segar murah meriah.

Tak hanya menyajikan panorama lautan saja, pengunjung Pantai Bohay juga bisa melihat lebih dekat lagi besarnya bangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang hanya berjarak beberapa ratus meter saja. Wisata Pantai Bohay hingga saat ini masih banyak diminati.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait