POTAS Award 2023: Penghargaan Bagi Dinas dan OPD yang Responsif Serta Kreatif

© mili.id

Wali Kota Eri Cahyadi mendapat penghargaan sebagai Tokoh Inspiratif dalam Upaya Percepatan Pengentasan Kemiskinan di Kota Surabaya. (Shella/Mili.id)

Surabaya - Kelompok Pekerja Taman Surya (POTAS), memberikan penghargaan kepada dinas atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dinilai memiliki kinerja kreatif dan bersikap responsif dalam POTAS Award 2023.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan bahwa, pada penghargaan tahun lalu, terdapat salah satu OPD yang tidak responsif terhadap rekan wartawan. Namun, terdapat perubahan pada penghargaan kali ini.

"Tapi ternyata perubahan itu bisa terjadi, karena penghargaan yang diberikan itu ada dua. Satu menjadikan kita lebih baik lagi, yang kedua, memacu kita untuk berani, untuk melakukan sosialisasi dan sinergi," jelas Wali Kota Eri Cahyadi, di Lobby Balai Kota Lantai 2, Senin (18/12/2023).

Eri merasakan sebelumnya kepala OPD tidak berani bertemu wartawan. "Karena saya tahun kemarin, saya tuh merasakan bagaimana kepala OPD ini tidak memiliki keberanian bertemu dan bertatap muka dengan teman-teman. Alhamdulillah penghargaan tahun kemarin yang diberikan POTAS, membawa perubahan luar biasa kepada Pemkot," bangga Eri.

Ia menekankan program yang dilakukan oleh Pemkot harus tersampaikan melalui rekan-rekan media.

"Seluruh temen-temen dari pemkot, yang mendapatkan penghargaan dari POTAS, sehingga ini memberikan semangat kepada njenengan semuanya, untuk berbuat lebih baik lagi, berani transparan, dan berani memberikan yang terbaik pada warga Kota Surabaya yang luar biasa," paparnya.

Ia berharap, agenda ini dilakukan rutin, sebab dapat memberikan semangat para Kepala OPD dan Pemkot Surabaya.

"Dan saya harap ini menjadi agenda tahunan, mas robi. Karena akan memberikan semangat dari pemerintah kota Surabaya untuk selalu berbuat kebaikan 3x. Karena Manusia itu tempatnya salah, kalau tidak ada hal yang seperti ini maka tidak ada kontrol. Ketika tidak ada kontrol maka kehancuran yang ada di kota," harapnya.

Selaras dengan Wali Kota, Ketua POTAS, Robby Julianto berharap dengan adanya penghargaan ini dapat menjadi bagian fungsi kontrol OPD dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"Kami berharap Potas Award ini bisa terselenggara setiap tahun. Agar menjadi bagian dari fungsi kontrol dari OPD dan BUMD yang senantiasa bekerja meningkatkan kemampuan untuk kemajuan kota dan kesejahteraan warga Surabaya," urai Robby Julianto, Senin (18/12/2023).

Robby menilai, kinerja seluruh OPD di Pemkot Surabaya memiliki nilai diatas rata-rata. Sebab, dengan suksesanya salah satu acara, Piala Dunia.

"Nah event International ini kalau tidak ada kekompakan dari OPD maupun dari BUMD untuk menyelenggarakan piala dunia, maka nama Surabaya akan tercoreng di dunia International," bangganya.

Sebagai informasi, sebanyak, 3 BUMD, 14 OPD Kota Surabaya dan 4 Kecamatan yang mendapatkan penghargaan dari POTAS pada 2023 ini.

Editor : Achmad S



Berita Terkait