Jelang Nataru, Puluhan Sopir Jalani Tes Kesehatan dan Tes Urine di Situbondo

© mili.id

Kapolres AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, saat memantau langsung pemeriksaan sopir di terminal Situbondo. (Fatur Bari/Mili.id)

Situbondo - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, puluhan sopir bus antarkota dan provinsi, menjalani tes kesehatan dan tes urine di terminal Situbondo, Rabu (20/12/2023).

Tujuannya, untuk menjamin dan memastikan para sopir dalam kondisi sehat dan bebas narkoba saat mengemudi, dalam momen menjelang Nataru.

Selain itu, petugas gabungan antara Polres Situbondo dan Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Situbondo, dipimpin Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, juga memeriksa kelaikan bus angkutan umum antarkota dan antarprovinsi di terminal.

Para sopir bus di terminal Situbondo bergantian menjalani pemeriksaan kesehatan oleh petugas gabungan dari dinkes, dishub dan petugas Satreskoba Polres Situbondo.

Tercatat sebanyak 72 sopir menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan dari petugas Dinkes Kabupaten Situbondo. Meliputi pemeriksaan gula darah, tensi, berat badan, tinggi badan, tes urine dan kolesterol serta pengukuran lingkar perut.

"Tujuannya memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penumpang, dalam momen Nataru," kata Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto.

Selain itu, pemeriksaan kesehatan dan tes urine ini juga untuk mengantisipasi penggunaaan obat terlarang atau doping di kalangan para sopir bus antar provinsi.

"Kegiatan seperti ini merupakan agenda rutin, dengan tujuan untuk menekan angka pengguna obat-obatan terlarang serta meminimalisir kasus kejadian laka lantas antar para pengguna jalan," imbuhnya.

AKBP Dwi menegaskan, dalam kegiatan tes kesehatan dan tes urine tersebut, petugas gabungan tidak menemukan adanya para sopir angkutan umum yang menggunakan narkoba dan obat terlarang yang lain.

"Selain itu, seluruh angkutan Nataru di terminal Kota Situbondo juga layak beroperasi," pungkasnya.

Editor : Achmad S



Berita Terkait