Terjebak Macet Saat Nataru, Tenang Ada Tim Urai Satlantas Polres Probolinggo

© mili.id

Kasat Lantas Polres Probolinggo, Iptu Karnoto saat mengatur arus lalu lintas. (Fades/Mili.id)

Probolinggo - Satlantas Polres Probolinggo telah menyiapkan tim urai kemacetan pasca menerima mobil baru dari Direktorat Lalulintas (Dirlantas) Polda Jawa Timur (Jatim).

Nantinya, petugas akan silih berganti untuk berjaga di beberapa titik atau spot yang kerap terjadi macet di wilayah hukum Polres Probolinggo.

Kasat Lantas Polres Probolinggo, Iptu Karnoto mengatakan, dalam menghadapi libur Nataru 2024 ini, pihaknya telah mensiagakan beberapa anggota yang tergabung dalam 'Tim Urai'. Hal ini sebagai bentuk antisipasi terjadi kemacetan di sejumlah titik jalan.

"Tim urai terdiri dari enam personel kepolisian yang telah dibekali dengan kemampuan mengemudi yang mumpuni. Sehingga saat terjadi kemacetan, tim urai  bisa segera meluncur ke lokasi langsung mengatur arus lalu lintas," kata Karnoto, Jumat (22/12/2023).

"Kalau ada kemacetan, tim ini langsung meluncur. Mereka yang akan mengatur lalu lintas. Misalnya ada truk mogok di tengah jalan, tim akan segera meluncur,” imbuhnya.

Adanya tim urai ini, menurut Karnoto, nanti segala penyebab kemacetan akan segera teratasi seperti adanya kendaraan besar mogok di tengah jalan. Selain itu, Tim Urai juga akan menyiapkan rekayasa jalan atau jalan alternatif kepada para pengendara yang terjebak macet.

"Tim Urai nantinya bertugas mencairkan kepadatan lalu lintas hingga menyiapkan rekayasa jalan dan jalan alternatif. Mereka nanti akan bergerak sesuai perkembangan yang terjadi di lapangan setelah dapat laporan," ungkapnya.

Selain di spot macet di jalur pantura, lanjut Karnoto, Tim Urai nantinya juga terus memantau akses masuk menuju wisata sehingga bisa mencegah terjadinya stagnasi kendaraan, terlebih di wisata-wisata yang memang biasa terjadi kemacetan.

"Bahkan jika kepadatan tak bisa dihindari, petugas juga menyiapkan rencana alternatif dengan nanti memandu wisatawan menuju objek lain. Tim ini akan terus siaga dikhawatirkan terjadi kemacetan secara tiba-tiba di beberapa titik," pungkasnya.

Editor : Achmad S



Berita Terkait