Nelayan di Situbondo 4 Hari Hilang Kontak, Basarnas Lakukan Pencarian

© mili.id

Petugas mencari keberadaan Sumahwi di perairan pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep (ist for mili.id)

Surabaya - Sumahwi (50) asal Kampung Samaudin, Jangkar, Situbondo, diduga hilang di perairan Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep.

Informasi terakhir, Sumahwi masih sempat terlihat saat mencari ikan di perairan tersebut pada Selasa (19/12/2023) lalu, sekitar pukul 17.00 WIB.

Hal itu dikatakan kepala Kantor SAR Surabaya Muhamad Hariyadi, setelah memintai keterangan sejumlah saksi sebelum Sumahwi dilaporkan hilang pada Jumat (22/12/2023) kemarin.

"Menurut keterangan anaknya, Saiful, Sumahwi bertemu dia di tengah laut pada Selasa lalu sekitar pukul 17.00 WIB. Sumahwi sempat meminta umpan kepada Saiful dan berkata padanya bahwa Ia akan pulang subuh keesokan harinya," katanya, Sabtu (23/12/2023).

Hingga Jumat kemarin, Sumahwi belum juga pulang. Dia hilang kontak dengan lalu keluarga kemudian melapor ke Basarnas untuk meminta bantuan melakukan pencarian.

Namun, pencarian hari pertama tidak ditemukan tanda-tanda Sumahwi berada di lokasi dimana ia terkahir bertemu dengan Saiful. Bahkan petugas mencari hingga di daerah pengeboran minyak lepas pantai PT HCML.

"Pada pencarian hari kedua ini, tim operasi Unit Siaga SAR Sumenep bersama unsur SAR gabungan dari UPP Sapudi, Koramil Sapudi dan Polsek Sapudi, melakukan penyisiran di area seluas 7,72 mil laut," tambahnya.

Selain mengarungi lautan seluas itu untuk mencari keberadaan Sumahwi, upaya lain yang dilakukan petugas yaitu melibatkan peran nelayan sekitar Pulau Sapudi, untuk mengevakuasi bila menemukan Sumahwi lalu menginformasikan kepada petugas.

Editor : Achmad S



Berita Terkait