Ketua Bawaslu Jatim Ingatkan 3 Klaster yang Harus Diperkuat Jajarannya

© mili.id

Ketua Bawaslu Jatim, A Warits dalam Rapat Koordinasi Penanganan Pelanggaran Tahapan Logistik Pemilu 2024 di Pasuruan (Foto: Moch Rois/mili.id)

Pasuruan - Ketua Bawaslu Jatim, A Warits menekankan tiga hal saat membuka Rapat Koordinasi Penanganan Pelanggaran Tahapan Logistik Pemilu 2024, yang diselenggarakan Bawaslu Kabupaten Pasuruan, Minggu (24/12/2023).

Tiga hal yang dimaksud Warits adalah, Bawaslu dalam melakukan pengawasan harus memperkuat sumberdaya manusia (SDM), memperkuat jaringan informasinya dan menguatkan kelembagaan.

"Apabila ketiga klaster itu seluruhnya kuat, maka pengawasan pemilu apakah di logistik atau di kampanye, itu akan menguatkan," jelas Warits di hadapan para Panwascam dan Pemantau Pemilu seluruh Kabupaten Pasuruan.

Warits membeberkan, penguatan SDM harus dilakukan di semua tingkatan sampai ke tataran Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) atau Pengawas TPS (PTPS).

Setelah itu, penguatan kelembagaan sangat penting dilakukan karena dalam rangka mendukung SDM yang ada, serta jaringan informasinya.

"Karena Bawaslu tidak mungkin melaksanakan seluruh pengawasan yang hanya mengandalkan dirinya. Harus bekerjasama dan berkoordinasi dengan seluruh pihak. Itu yang saya maksud menguatkan jaringan," terang dia.

Disinggung terkait apa yang paling menjadi kerawanan pelanggaran yang harus diwaspadai dalam tahapan penyaluran logistik, ia menekannkan bahwa semua tahapan harus diwaspadai.

"Yang diwaspadai itu semua. Kalau logistik yang utama ketepatan jumlah, tepat mutu, tepat sasaran dan seterusnya. Tapi tahapannya sekarang kalau pengawasan logistik kan masih di tingkat kabupaten, belum didistribusikan ke tingkat kecamatan. Pada saatnya nanti di tingkat kecamatan dan desa akan melakukan pengawasan," papar Warits.

Setelah membuka acara, Warits memberikan hadiah dan ucapan selamat kepada para pemenang lomba pembuatan video sosialisasi anti money politik, dengan peserta 24 jajaran Panwascam se Kabupaten Pasuruan.

 

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait
© mili.id

Banjir Pasuruan Memutus Jalur Mudik