EVITS, Motor Listrik ITS yang Kini Diproduksi Massal

© mili.id

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari (kiri), mengendarai motor listrik EVITS TS-1 (Foto: Humas ITS for mili.id)

Surabaya - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melalui PT ITS Tekno Sains berkolaborasi dengan PT Panggung Electric Citrabuana meresmikan produksi perdana motor listrik EVITS.

Langkah ini membuktikan komitmen ITS dalam berinovasi untuk memberikan solusi energi yang bersih dan ramah lingkungan di Indonesia.

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari mengungkapkan bahwa kerja sama ini penting untuk dilakukan. Sebab tugas perguruan tinggi saat ini tidak lagi sebatas mengajar.

Namun, lanjutnya, perguruan tinggi juga perlu untuk mengimplementasikan karya inovasinya menjadi produk komersial dan dapat memberikan nilai ekonomi bagi seluruh pihak, termasuk masyarakat.

"Kami yakin bahwa kerja sama ini akan terus berkembang. Terlebih kualitas dari PT Panggung Electric Citrabuana sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan sudah terbukti sejak saya berkuliah dahulu," tutur Prof Ashari dalam siaran pers yang diterima mili.id, Minggu (24/12/2023).

Direktur PT ITS Tekno Sains, Dr Ir I Ketut Gunarta MT menyampaikan, untuk mencapai titik ini dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah.

Katanya, PT ITS Tekno Sains bersama PT Panggung Electric Citrabuana, melalui para penelitinya melakukan berbagai tahapan riset yang memakan waktu hingga hampir satu tahun agar motor listrik EVITS mampu menjawab berbagai kebutuhan konsumen.

Selanjutnya, dari berbagai proses tersebut lahirlah generasi pertama EVITS, yaitu EVITS TS-1.

EVITS merupakan motor listrik yang dilengkapi dengan desain yang ergonomis dan kemampuan akselerasi yang baik, sehingga memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Selain itu, kendaraan ini juga dilengkapi dengan baterai yang mampu bertahan hingga 60 kilometer.

Pria yang akrab disapa Gunarta ini juga menyampaikan bahwa saat ini PT ITS Tekno Sains juga sedang mengembangkan tiga tipe motor listrik lainnya. Dan ketiga tipe motor listrik tersebut sudah memasuki tahap pengembangan awal.

"Ketiganya direncanakan akan launching pada Tahun 2024 nanti," ungkapnya.

Sementara Direktur PT Panggung Electric Citrabuana, Win Winarjadi menyampaikan bahwa PT Panggung Electric Citrabuana merasa senang menjadi bagian dari supply management dalam produksi EVITS. Selain itu, dirinya juga merasa bangga dapat menghadirkan produk yang ramah lingkungan kepada masyarakat.

"Semoga kerja sama ini dapat berdampak baik bagi nusa, bangsa, serta kita semua," tandasnya.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait