Jadwal Atraksi di Kebun Binatang Surabaya Selama Libur Nataru 2023

© mili.id

Dongeng Satwa yang dilakukan setiap dua hari sekali di KBS, sekaligus menjadi wisata edukasi bagi pengunjung anak-anak, Senin (25/12/2023).(Foto: Shella/mili.id)

Surabaya - Kebun Binatang Surabaya (KBS) memiliki jadwal kegiatan yang berbeda setiap harinya selama Libur Natal dan Tahun baru 2024. Salah satunya, dongeng satwa yang dilakukan setiap dua hari sekali.

Kepala Seksi Humas KBS, Lintang Ratri Sunarwidhi menjelaskan seluruh kegiatan yang akan diselenggarakan untuk memeriahkan KBS.

 

"Diantaranya adalah dongeng satwa ini. Akan ada 2 hari sekali. Terus kemudian ada yang namanya Talk With Us, itu setiap hari kecuali hari Jumat. Nanti ada superhero juga," jelas Lintang Ratri Sunarwidhi, Senin (25/12/2023).

Lintang mengatakan, semua atraksi yang ada di KBS juga sebagai bentuk wisata edukasi kepada pengunjung KBS yang terdiri dari berbagai usia.

"Sebenarnya tidak untuk anak kecil saja, tapi untuk semua kalangan. Karena ini isinya edukasi. Ketika anak-anak nanti bercerita, orangtua bisa nyambung. Ketika dia pulang dari KBS, mereka bisa bercerita ke teman-temannya," urai Lintang.

"Bahwa sebenarnya yang selama ini mereka kira dongeng atau fabel, seperti kancil mencuri timun, itu kan kita menghargai mereka, kita cuman memperbaiki pola kita, untuk edukasi yang sebenarnya dengan cara dongeng," imbuhnya.

Ia menyebut, seluruh kegiatan yang ada selaras dengan tujuan utama yang dimiliki kebun binatang dengan usia ratusan tahun di Surabaya ini.

Kepala Seksi Humas KBS, Lintang Ratri Sunarwidhi.(Foto: Shella/mili.id)Kepala Seksi Humas KBS, Lintang Ratri Sunarwidhi.(Foto: Shella/mili.id)

"Kebun Binatang Surabaya ini kan usianya sudah ratusan tahun. 2024 sudah 108 tahun. Tujuan utama kita memang untuk edukasi, karena prinsip utamanya Kebun Binatang Surabaya adalah konservasi, edukasi, dan baru rekreasi," paparnya.

Sementara itu, Talk With Us yang diselenggarakan setiap hari ini target utamanya merupakan siswa SMP dan SMA.

"Karena bisanya untuk reproduksi dari hewan itu sendiri dan sebagainya. Kemudian tentang kesehatan. Makanya jangan ragu ragu para pengunjung untuk bertanya tentang kesehatan satwa, bagaimana perawatannya," terangnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga memadukan pagelaran kesenian di KBS. "Terus kemudian pada umurnya budaya kita itu kan sudah mulai pudar ya. Nah KBS itu kepengin membangkitkan semuanya. Kesenian budaya itu ada edukasinya. Makanya itu, apapun yang kita sampaikan, itu edukasinya harus keluar," tegasnya.

Berikut daftar penampilan kesenian yang ada di KBS, mulai 24 Desember 2023 - 1 Januari 2024.
1. Reog Gembong - 26 Desember 2023
2. Campursari Agnes Serfozo dan Gareng Pacitan - 30 Desember 2023
3. Kesenian Madura UL DA UL - 31 Desember 2023
4. Guest Star Sinden Rina Aditama - 1 Januari 2024

Editor : Aris S



Berita Terkait