155 SD dan SMP Negeri Surabaya Bakal Diperbaiki Awal 2024

© mili.id

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Yusuf Masruh.

Surabaya - Sejumlah 155 sekolah SD dan SMP di Surabaya akan diperbaiki dan penambahan 49 Ruang Kelas Baru (RKB) oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya pada awal 2024.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Yusuf Masruh mengatakan akan ada sekolah dengan bangunan atau gedung lama yang akan diperbaiki. 

"Sekitar 155 sekolah. Perbaikannya memang kalau yang SD kan ya memang bangunan lama," ungkap Yusuf Masruh, Kamis (28/12/2023).

Tidak hanya merevitalisasi atau memperbaiki sekolah, Yusuf mengatakan juga akan menambah Ruang Kelas Baru (RKB) di beberapa sekolah. "49 itu penambahan RKB untuk 7 sekolah SD SMP," ujar Yusuf. 

Ia mencontohkan, seperti di sekolah Kalijudan, dan Pacar Kembang, dan Sekolah SD Sulung yang salah satu gedungnya termasuk cagar budaya, yang masih memakai bangunan lama.

"Sulung itu ruang kelas baru, harapan kami itu contohnya sulung itu kan depannya sudah sekolah lama, wes kudu Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Yusuf Masruh (red: sudah mau rusak), nanti kalau yang baru dibangunkan di belakang," terangnya.

Berdasarkan kurikulum merdeka, yang mengharuskan adanya ruang terbuka, ia menyebut nantinya akan membuat ruang terbuka untuk anak berekspresi.

"Karena kurikulum merdeka itu anak perlu ekspresi ya di ruang terbuka. Buat anak anak itu senang, menyenangkan dan aman, kalau kaya tadi anak-anak menyenangkan, nyaman dan aman," urainya.

Lebih lanjut, ia mengaku mengejar persiapan-persiapan untuk membangun RKB diperkirakan pada awal tahun, "Kalau biasanya gitu ya 6 bulan selesai (pengerjaan)," pungkasnya.

Editor : Achmad S



Berita Terkait