Sosok Pengganti KH Marzuki, PBNU Beri Waktu PW Jatim 2 Minggu

© mili.id

Kiai Marzuki Mustamar (dok. Instagram @pwnujatim)

Surabaya - KH Marzuki Mustamar telah resmi diberhentikan dari Ketua PWNU Jatim. Sekjen PBNU Saifullah Yusuf menyebut, sosok penggantinya ini segera dipilih oleh Pengurus Wilayah (PW) Jatim. Apabila tidak akan dipilih oleh PBNU.

"Mekanisme penggantinya itu tergantung dari Rais Syuriah. Rapat gabungan atau pun pleno di PW yang dipimpin Rais Syuriah. Dan jika itu tidak dilaksanakan maka akan diambil keputusan oleh PBNU bisa ditunjuk, bisa juga di karteker tergantung situasi dan kondisinya," terang Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, usai hadir di acara Jawa Timur Bersholawat di Surabaya, Kamis (28/12/2023).

Mantan Wakil Gubernur Jatim itu mengatakan bahwa proses penggantian Ketua PWNU Jatim kepada PW itu, diberikan waktu selama 2 minggu ke depan.

"Prosedurnya, pertama yang harus mengganti itu adalah Pleno Syuriah dan Tanfidiah. Dilihat, kalau tidak dilaksanakan maka akan diambil oleh PBNU, ada batas waktu 2 minggu" imbuh Gus Ipul.

Di situ, lanjut Gus Ipul berpendapat, keputusan ini diambil lantaran ada masalah internal tidak ada kaitannya dengan poltik. Serta, disampaikan bahwa kader NU bisa mengabdi di mana saja.

"Cuman, saya ingin menyampaikan bahwa ini adalah masalah internal tidak perlu diperbesar-besarkan dan di lingkungan NU itu mengabdi bisa di mana saja," tandas Walikota Pasruhan tersebut.

Editor : Aris S



Berita Terkait