Curat Mendominasi di Probolinggo, Ratusan Kasus Diselesaikan

© mili.id

Kapolres Probolinggo dan jajaran Forkopimda menunjukkan barang bukti. (Fades/Mili.id)

Probolinggo - Sepanjang tahun 2023, Satreskrim Polres Probolinggo menerima laporan sebanyak 539 kasus, dari jumlah tersebut sebanyak 454 kasus sudah diselesaikan dengan total prosentase 84,2 persen.

Ratusan laporan itu merupakan kasus pencurian disertai pemberatan (curat) paling mendominasi dengan 87 kasus dan diselesaikan sebanyak 71 kasus, kedua didominasi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) sebanyak 74 kasus dan diselesaikan 55 kasus.

Kemudian pencurian dan kekerasan (curas) dari 16 kasus diselesaikan sebanyak 11 kasus, lalu ada 9 kasus perjudian dan 3 kasus pembunuhan yang sudah diselesaikan semuanya. Terakhir kasus paling menonjol di 2023, yaitu kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Gunung Bromo.

Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana mengatakan, jika dibandingkan dengan tahun 2022, penyelesaian kasus di wilayah hukumnya itu makin meningkat. Di tahun sebelumnya, dari 187 kasus yang dilidik, sebanyak 132 kasus diselesaikan.

"Sedangkan di tahun 2023, dari sebanyak 205 kasus yang dilidik, sebanyak 163 kasus diselesaikan. Salah satunya kasus yang paling menonjol dan bahkan sudah masuk isu nasional dan internasional yaitu kasus kebakaran di Gunung Bromo," kata AKBP Wisnu, Jum'at (29/12/2023).

Pria kelahiran Sidoarjo itu berharap, kinerja jajaran Satreskrim Polres Probolinggo di tahun 2023 kali ini bisa dipertahankan dan kalau perlu ditingkatkan lagi. Sehingga, keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), benar-benar terjaga.

"Terlebih lagi titik-titik rawan harus benar-benar diperhatikan, mengingat sebentar lagi akan ada gelaran Pemilu, sehingga tidak menggangu jalannya pesta demokrasi khususnya di wilayah hukum Polres Probolinggo," pungkasnya.

Editor : Achmad S



Berita Terkait