Pemkab Situbondo Raih Rekor Muri Zikir Basmalah 1 Miliar di Malam Pergantian Tahun

© mili.id

Representatif Muri Jawa Timur Sri Widayati menyerahkan piagam MUri pada BUpati Situbondo Karna Suswandi.(Foto: Fatur Bari/mili.id)

Situbondo - Menyambut malam pergantian tahun, Pemkab Situbondo menggelar zikir basmalah sebanyak 1 miliar, dengan tema "Demi Keselamatan Bangsa dan Negara". Kegiatan tersebut melibatkan sekitar 37.972 jemaah di Alun-alun Kota Situbondo, Jawa Timur, Minggu (31/12/2023).

Menariknya, kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemkab Situbondo itu meraih piagam penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) ke 11491, dengan kategori zikir basmalah dengan jumlah terbanyak dan jemaah terbanyak.

Sri Widayati, Representatif Muri Jawa Timur mengatakan, awalnya jumlah yang diusulkan sebanyak 35.000 jemaah, namun setelah dilakukan verifikasi akhir, ternyata jumlah jemaah zikir basmalah sebanyak 37.972 orang.

"Oleh karena itu, saya mewakili ketua umum Muri (Jaya Suprana red-) mengesahkan, kegiatan zikir basmalah sebanyak 1 miliar, dengan peserta 37.972 jemaah tercatat di Muri sebagai rekor ke 11.941," ujar Sri Widayati, Minggu (31/12/2023).

Bupati Karna Suswandi menyerahkan kepada KHR Ahmad Azaim Ibrahimy, Pengasuh Ponpes Salafiyan Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo, yang hadir langsung ke Alun-alun Kota Situbondo.(Foto:Fatur Bari/mili.id)Bupati Karna Suswandi menyerahkan kepada KHR Ahmad Azaim Ibrahimy, Pengasuh Ponpes Salafiyan Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo, yang hadir langsung ke Alun-alun Kota Situbondo.(Foto:Fatur Bari/mili.id)

Piagam penghargaan rekor Muri tersebut diberikan langsung kepada Bupati Karna Suswandi selanjutnya diserahkan kepada KHR Ahmad Azaim Ibrahimy, Pengasuh Ponpes Salafiyan Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo, yang hadir langsung ke Alun-alun Kota Situbondo.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, pihaknya sengaja menggelar doa bersama untuk keselamatan bangsa dan negara, semoga Pemilu tahun 2024 mendatang berjalan lancar dan sukses.

"Selain itu, kami juga berharap warga Situbondo meningkat kesejahterannya, dengan kegiatan doa bersama pada malam pergantian tahun," kata Bupati Karna Suswandi.

Menurutnya, selain menggelar doa bersama, dalam momen malam pergantian tahun, pihaknya juga menggelar zikir membaca basmalah sebanyak 1 miliar, dengan jumlah jemaah sebanyak 37.972 orang.

"Namun, sebelum menggelar zikir basmalah yang mendapat penghargaan dari rekor Muri, sebelumnya dilaksanakan khotmil pada 81 titik Kabupaten Situbondo," pungkasnya.

Editor : Aris S



Berita Terkait