Kantor PPS di Bondowoso Dilempari Kotoran Sapi dan Dirusak OTK

© mili.id

Kantor Sekretariat PPS Tegaljati, Sumberwringin , Bondowoso dirusak OTK. (KPU Bondowoso untuk Mili.id)

Bondowoso - Kantor Sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Desa Tegaljati, Kecamatan Sumberwringin, Kabupaten Bondowoso dirusak oknum tak dikenal (OTK), Senin (1/1/2024) dini hari.

Beberapa peralatan di dalam kantor sekretariat PPS berserakan, sedangkan di dalamnya tercium aroma menyengat. Aksi itu dilakukan oleh orang tak dikenal (OTK).

OTK itu melempari ruangan dengan kotoran sapi, telur hingga kepala lele. Pada bagian dindingnya, OTK itu mencoret-coret dengan tulisan 'PPS TAE' atau PPS Ta* (dalam bahasa Indonesia).

Muspika Sumberwringin dan sejumlah pejabat lingkung Bondowoso turun ke lapangan pasca ada laporan tersebut pada Senin (1/1/2024) siang.

Tampak dalam forum PJ Bupati Bambang Soekwanto, Kapolsek Sumberwringin AKP Yunaryanto, Ketua KPU Junaidi, Ketua Bawaslu Nani Agustina, Komisioner Bawaslu Sholikul Huda dan lainnya.

Ketua KPU Kabupaten Bondowoso, Junaidi membenarkan aksi pengrusakan dan pelemparan dengan kotoran sapi di kantor PPS Tegaljati tersebut.

"Iya benar terjadi pengrusakan sekretariat PPS Tegaljati. Muspika dan pak PJ Bupati turun ikut memantau di lokasi," kata Junaidi saat dikonfirmasi Mili.id, Senin (1/1/2024).

Junaidi menambahkan, ditemukan sejumlah barang yang tak layak berada di dalam ruangan PPS, di antaranya kotoran sapi, pecahan telur dan kepala lele.

"Kami menduga kepala lele itu bekas santapan pesta tahun baru. Sedangkan berkas-berkas, printer dan kursi di dalam sekretariat dalam kondisi berantakan," sebutnya.

Awalnya muncul dugaan bahwa pengrusakan sekretariat PPS ini sebab ketidakpuasan oknum tentang perekrutan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

"Motifnya masih didalami oleh Gakkumdu. Pengrusakan ini apakah sifatnya personal (kebencian kepada seseorang) atau menyerang kelembagaan, itu nanti ranahnya Gakkumdu nanti yang mengkaji," pungkasnya.

Editor : Achmad S



Berita Terkait