Liburan Tahun Baru, Penyedia Sewa Perahu dan Ban di Situbondo Ketiban Berkah

© mili.id

Suasana Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo ramai wisatawan. (Fatur Bari/Mili.id)

Situbondo - Liburan sekolah dan tahun baru 2024, menjadi berkah tersendiri bagi penyedia jasa sewa perahu wisata dan sewa ban bekas di pantai wisata bahari Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Pasalnya, pada momen liburan sekolah dan tahun baru, pantai wisata bahari yang berlokasi tepat di jalur pantura Situbondo, dipadati para pengunjung, baik wisatawan lokal maupun wisatawan dari sejumlah daerah di Jawa Timur.

Sehingga para penyedia jasa sewa perahu wisata dan sewa ban bekas ramai peminat. Bahkan, sejumlah wisatawan yang berkunjung ke wisata bahari pasir putih, Situbondo, mereka berebutan untuk penyewa ban untuk pelampung saat mandi.

Samsul (41), asal Desa/Kecamatan Bungatan, salah seorang pemilik usaha sewa ban, mengaku pendapatannya liburan sekolah dan tahun baru 2024, pendapatanya meningkat dibandingkan pada tahun sebelumnya.

"Sejak pagi hingga sore saya baru mendapat uang sebesar Rp.900 ribu. Sedangkan pada hari biasa setiap Sabtu dan Minggu saya hanya mendapat Rp200 ribu hingga Rp300 ribu, untuk liburan sekolah dan tahun baru 2024 ini, menjadi berkah bagi saya dan teman-teman," ujar Samsul, Senin (1/1/2024).

Samsul menambahkan, untuk sewa ban dengan bentuk lingkaran kecil, pihaknya mematok harga Rp 10.000. Sedangkan ban dengan lingkaran sedang Rp1500, untuk lingkaran besar sewanya  dipatok  Rp 20.000 sampai Rp 30.000.

"Alhamdulillah, dengan padatnya pengunjung yang berlibur di pantai wisata pasir putih, teman-teman tadi sempat kehabisan stok ban," bebernya.

Sementara itu, Sugiarto (37), salah seorang pemilik persewaan perahu wisata mengatakan, momen liburan sekolah dan  pergantian tahun 2024  ini, menjadi berkah para pemilik perahu wisata.

"Dengan banyaknya pengunjung yang berwisata, saya sudah delapan kali mengantarkan pengunjung ke tengah laut, untuk melihat panorama laut di Pasir Putih," katanya.

Koordinator wisata bahari Pasir Putih, Situbondo Ru'aidi mengatakan, diakui sehari menjelang tahun baru, wisatawan yang berkunjung jumlahnya meningkat hingga 100 persen lebih, yakni 9429 wisatawan.

"Rinciannya, Minggu (31/12/2023) wisatawan yang berkunjung, untuk hari ini (Senin red-) hingga pukul 17.00 WIB, tercatat sebanyak 5.400 pengunjung," kata Ru'aidi.

Ru'aidi menjelaskan, dua hari sebelum tahun baru 2024, wisatawan yang berkunjung ke wisata bahari Pasir Putih, Situbondo hanya berkisar antara 1.700 hingga 2.000 pengunjung.

"Namun, karena dalam dua hari ini, kawasan wisata cuacanya cerah dan sedikit mendung, sehingga pengunjung memadati kawasan wisata bahari pasput," pungkasnya.

Editor : Achmad S



Berita Terkait