Rumdin Camat Pakem Bondowoso yang Dibakar Bukan Sekretariat PPK, Pelaku Salah Sasaran

© mili.id

Rumah Dinas Camat Pakem Bondowoso dipasang garis polisi oleh Polres Bondowoso. (Deni AW/Mili.id)

Bondowoso - Rumah Dinas Camat Pakem Kabupaten Bondowoso diduga dibakar oknum tak dikenal (OTK) pada Senin (1/1/2024) pagi, diduga pelaku salah sasaran.

Tidak hanya menghanguskan sofa panjang di ruang tamu, OTK juga mencongkel bagian jendela yang diduga tempat jalur masuk ke dalam rumah.

Sempat muncul banner yang menerangkan bahwa rumdin camat tersebut merupakan kantor sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pakem.

Namun hal itu dibantah oleh anggota PPK Pakem, Ishaq Syafi'i saat ditemui Mili.id di Kantor Camat Pakem, Rabu (3/1/2024) sore.

"Jadi kita enggak nempati. Kita hanya di sini, di ruangan ini," kata Ishaq sembari menunjuk salah satu tempat di dekat ruang bagian pelayanan Kecamatan Pakem.

Mengenai adanya banner, ia menyebut jika PPK Pakem hanya menumpang menaruh saja, walaupun bekerjanya tidak di rumah dinas camat.

"Semenjak banner itu ditaruh (di rumdin camat), sampai hari ini kita gak (menempati) di sana," tutur Ishaq.

Alasannya tidak menaruh banner kesekretariatan di depan ruangan semestinya, kata Ishaq, sebab khawatir tidak terlalu terlihat.

"Kalau ditaruh di sini tidak begitu kelihatan kurang strategis lah. Begitu aja sebenarnya, hanya numpang naruh. Kalau kerjanya di sini, PPK kalau rapat internal ya di sini. Sedangkan kalau rakor bersama PPS di pendopo," ungkapnya.

Kendati demikian, PPK Pakem siap jika harus kembali menaruh banner kesekretariatan ke tempat semestinya agar tidak terjadi miss komunikasi.

"Mungkin setelah selesai penyelidikan dari kepolisian, nanti kita pindahkan. Sehingga pelaku bisa dibilang salah sasaran," tegasnya.

Informasi dihimpun Mili.id, Rumah Dinas Camat Pakem memang jarang ditempati oleh Camat Yuhyi Fahyudi.

"Paling pak camat menginapnya seminggu 2 kali, tapi masih ditempati terutama siang hari buat istirahat," ucap narasumber kuat, seorang pegawai Kecamatan Pakem.

Untuk diketahui, kejadian pengrusakan fasilitas umum di Kabupaten Bondowoso pada awal Januari 2024 cukup menjadi perhatian publik.

Di hari yang sama, terdapat 2 fasum yang dirusak oleh OTK yakni Kantor Sekretariat PPS Tegaljati, Kecamatan Sumberwringin dan Rumah Dinas Camat Pakem.

Mengenai pengrusakan kantor sekretariat PPS Tegaljati, Bawaslu Bondowoso memutuskan bahwa kasus itu tidak masuk ranah pidana pemilu.

"Kami menyerahkan kasus pengrusakan kantor sekretariat PPS Tegaljati pada pihak berwajib (kepolisian)," tegas Ketua Bawaslu Bondowoso, Nani Agustina.

Mengenai pengrusakan Rumah Dinas Camat Pakem, Polres Bondowoso sejauh ini belum memberikan keterangan resmi yang gamblang.

"Nanti teman-teman wartawan akan dikabari," janji Kasat Reskrim Polres Bondowoso, AKP Joko Santoso.

Editor : Aris S



Berita Terkait