Satu Keluarga Tertimpa Pohon Tumbang Akibat Hujan Angin di Jember

© mili.id

Proses evakuasi pohon tumbang akibat hujan angin di Jember (Foto: BPBD Jember for mili.id)

Jember - Empat orang satu keluarga tertimpa pohon tumbang akibat hujan angin yang menerjang 6 kecamatan di Jember, Rabu (3/1/2024).

Selain menyebabkan pohon tumbang, hujan deras disertai angin kencang itu mengakibatkan bangunan warung dan rumah warga rusak. Juga menyebabkan tiang listrik PLN roboh.

Enam kecamatan yang terdampak adalah Ambulu, Balung, Tanggul, Kencong, Jombang, dan Semboro.

Seperti di Jalan Raya Desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggul, pohon ketangi berdiameter 60 sentimeter tumbang menimpa tiang listrik dan melintang di tengah jalan.

Satu keluarga terdiri dari suami istri dan dua anaknya tertimpa pohon. Keluarga asal Desa Tanggul Wetan ini sudah mendapat perawatan di Puskesmas Tanggul.

Namun istri bernama Mahbubah (54), terpaksa dirujuk ke RSUD dr Soebandi Jember, akibat luka di bagian kepalanya.

"Kita bergerak di 6 titik lokasi (kecamatan). Kami fokus penanganan pohon atau ranting yang tumbang dan jatuh menutup jalan," jelas Kepala BPBD Jember, Widodo Juliyanto.

Menurut Widodo, proses pembersihan berlangsung sekitar pukul 20.00 WIB. Sedangkan perbaikan jaringan listrik, ditangani petugas PLN.

Pohon tumbang rata-rata berada di jalanan desa, dan juga di jalan utama antar kabupaten dan provinsi.

"Di daerah Kencong, jalur provinsi, menyebabkan macet. Paling banyak pohon tumbang. Sehingga tadi kita minta dan berkoordinasi dengan pemilik pohon, yaitu PU provinsi. Untuk ikut membantu menangani proses evakuasi pohon dan ranting tumbang," papar dia.

"Untuk (wilayah Kecamatan) Kencong ada 5-6 pohon, Tanggul ada 1 pohon, Semboro ada 2 pohon yang kemudian kita koordinasi dengan pihak PG Semboro," sebut Widodo.

Terkait satu keluarga yang menjadi korban, Widodo menjelaskan kronologinya.

"Mereka berboncengan naik motor. Sampai di lokasi, tiba-tiba ada pohon tumbang dan mereka tertimpa. Itu terjadi saat hujan deras terjadi," pungkasnya.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait