Kisah Slamet Hidup Sendirian di Gubuk Reyot dalam Hutan Pinus Bondowoso

© mili.id

Slamet, pria lansia asal Jember yang terlantar hutan jati Bondowoso (Foto: Dinsos P3AKB Bondowoso for mili.id)

Bondowoso - Video berisi proses evakuasi pria berambut gondrong dari gubuk reyot dalam hutan pinus di Bondowoso, viral di media sosial.

Pria lanjut usia (lansia) itu mengaku bernama Slamet Mundiantoro (64), asal Desa Cumedak, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember.

"Istirahat di sini, mau ke Bondowoso," tutur Slamet dalam video yang diunggah akun Instagram @dhenyharyanto53, seperti dilihat mili.id, Kamis (4/1/2024).

Slamet tinggal seorang diri di sebuah gubuk reyot yang dibuatnya dalam hutan pinus Desa Pekauman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso.

Gubuk itu berdinding plastik dan kerangkanya dari bilahan bambu bekas. Ukurannya sempit hanya kisaran 1x2 meter.

"Saya buat sendiri. Kalau makan sehari-hari kadang dikasih orang sekitar," akunya.

Usai video tersebut viral, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso turun tangan. Evakuasi terhadap lalu dilakukan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) setempat.

"Sudah kami evakuasi. Saat ini sudah tinggal di UPT Panti Jompo Dinas Sosial Provinsi Jatim," ungkap Kusuma Nofiandry, pekerja sosial Dinsos P3AKB Bondowoso saat dikonfirmasi mili.id.

Kusuma menyebut bahwa identitas lansia itu belum muncul dalam data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

"Tadi kami telusuri biometrik di Dispenduk dan tidak ada identitasnya. Menurut informasi warga Cumpedak, Sumberjambe, Jember," jelasnya.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait