Burung Hantu Masuk Rumah Warga Disebut Milik KBS, Direktur: Bukan Satwa Kami

© mili.id

Burung hantu yang masuk ke rumah warga. (Command Center 112 Surabaya for Mili.id)

Surabaya - Seekor burung hantu yang dikabarkan milik Kebun Binatang Surabaya (KBS) lepas hingga masuk ke rumah warga di Jalan Setail No.9, Wonokromo, kota setempat, Jumat (5/1/2023) malam.
 
Burung dilindungi pemangsa tikus dan serangga itu masuk ke rumah dan bersembunyi di cela-cela atap. Pemilik rumah yakni Agus yang mengetahui lantas melapor Command Center 112 Surabaya. Saat petugas datang untuk mengevakuasi, burung tersebut langsung terbang. 
 
"Pas kami coba evakuasi, burung hantunya sudah terbang. Rekan-rekan dan tim dari Damkar sudah mencoba mengejar tapi sudah tidak terkejar, terlihat,"  kata salah satu petugas BPBD Surabaya kepada mili.id.
 
"Pemilik rumah sudah diberi nomor kontak rekan-rekan bila mungkin burung tersebut datang kembali untuk kami bantu evakuasi lagi," tambahnya.
 
Sementara itu, Direktur Operasional Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya, Nurika Widyasanti menegaskan bahwa burung hantu yang terlihat di rumah Agus, warga Jalan Setail No 9 Surabaya itu bukan aset satwa milik KBS.
 
"Itu bukan satwa (burung hantu) kami. Satwa kami ada dua ekor burung hantu jenis Serak Jawa (Tyto Alba). Setelah dicek oleh rekan-rekan kami di KBS, ternyata masih lengkap dan dua ekor burung hantu kami posisinya masih ada di kandangnya masing-masing," kata Nurika kepada mili.id.
 
Ia menceritakan, pihaknya mendapatkan kabar ada burung hantu terlihat di rumah warga, pihaknya langsung melakukan pengecekan terhadap burung hantu satwa yang ada di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Hasilnya, satwa burung hantu KBS masih lengkap. Selain itu, petugas dari KBS juga cepat merespons informasi temuan burung hantu di rumah warga.
 
Sebelum melalukan evakuasi, Nurika meminta izin kepada pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur untuk melakukan evakuasi satwa liar tersebut yang ada di rumah warga di Jalan Setail Surabaya.
 
"Petugas dari KBS bersama dengan tim evakuasi dari BPBD dan Damkar Kota Surabaya tiba dilokasi dan melihat burung hantu tersebut di atas genteng rumah warga. Ketika kami hendak mengevakuasi, burung hantu itu terbang dan tidak terlihat, entah terbang ke mana karena sudah malam," jelasnya.
 
"Namun, kami memberikan nomor telepon ke pemilik rumah tersebut, jika melihat lagi burung hantu tersebut, dapat menghubungi kami," tambah Nurika.

Editor : Achmad S



Berita Terkait