Kawanan Monyet Liar Resahkan Warga dan Keluarga Pasien Rumah Sakit di Situbondo

© mili.id

Monyet liar tampak berada di atap rumah sakit di Jalan Anggrek, Lingkungan Patokan Utara, Kelurahan Patokan, Kecamatan Situbondo (Foto: Ist)

Situbondo - Kawanan monyet liar meresahkan warga Kelurahan Patokan, Kecamatan/Kabupaten Situbondo.

Selain masuk ke pemukiman warga, rombongan monyet ekor panjang itu juga kerap muncul di atas genteng RSU dr Abdoer Rahem Situbondo. Rombongan monyet liar itu bahkan menggigit kabel aliran lisrik di rumah warga.

"Monyet liar tersebut juga sering masuk ke rumah dan mencuri makanan milik warga. Anehnya, meski sudah tiga tahun berkeliaran, hingga kini belum ada tindakan dari petugas," ujar warga setempat, Suyanto, Senin (8/1/2024).

Menurutnya, meski hingga kini belum ada warga menjadi korban gigitan monyet-monyet liar itu, tapi banyaknya monyet liar tersebut membuat rumah warga di lingkungan Patokan Utara banyak yang bocor.

"Karena hingga kini belum ada tindakan dari dinas terkait. Makanya, warga berinisiatif untuk membuat perangkap monyet dari kawat," bebernya.

Hal senada diungkapkan Antik, seorang karyawan RSU dr Abdoer Rahem Situbondo. Dia menyebut bahwa rombongan monyet liar itu biasanya masuk ke rumah sakit pada dan sore hari. Juga kerap berloncatan di atap rumah sakit pada malam hari.

"Kawanan monyet liar sempat beraksi di atas atap ruang tulip di bagian belakang rumah sakit. Tepatnya di ruang tunggu keluarga pasien rawat inap," beber dia.

Antik menambahkan, karena keberadaan monyet-monyet liar itu mulai meresahkan karyawan dan keluarga pasien, pihaknya berharap dinas terkait untuk melakukan tindakan.

"Kami berharap kepada pihak dinas terkait bisa segera menanggulangi permasalahan monyet liar ini," pintanya.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait