Limbah Pabrik Triplek Terbakar di Bondowoso, Ini Kronologinya

© mili.id

Petugas Damkar Kabupaten Bondowoso memadamkan api di pabrik triplek Desa Pekauman, Kecamatan Grujugan, Senin (8/1/2024). (Satpol PP dan Damkar Bondowoso for Mili.id)

Bondowoso - Tumpukan limbah milik pabrik triplek CV Anugerah Alam Abadi di Desa Pekauman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso terbakar, Senin (8/1/2024.

HRD CV Anugerah Alam Abadi, Risqi Candra menjelaskan kronologi kejadian saat dihubungi Mili.id beberapa jam setelah api padam.

"Sebenarnya waktu itu masih jam kerja dan ada kegiatan produksi di dalam pabrik," katanya melalui sambungan telepon.

Sekitar pukul 12.20 WIB, seorang karyawan melihat ada kepulan asap dari tumpukan limbah kering yang berada di bagian belakang pabrik.

"Kami mencoba untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya. Tapi mungkin karena tidak ahli, api justru semakin meluas," ungkap Candra.

Sepuluh menit kemudian, Candra menghubungi Satpol PP dan Damkar Kabupaten Bondowoso untuk memberikan pertolongan.

Baca juga: Limbah Pabrik Triplek di Bondowoso Terbakar, 3 Armada Damkar Diterjunkan

Tujuh menit berselang, petugas Damkar Bondowoso datang lalu berupaya memadamkan api sekaligus pendinginan.

"Untuk penyebab kebakaran, kami masih melakukan penyelidikan," tuturnya.

Disinggung mengenai penyebabnya dari buangan puntung rokok di tumpukan limbah, Candra berkilah.

"Sepertinya kalau gegara puntung rokok tidak mungkin. Karena teman-teman kalau mau merokok pasti di area luar pabrik, bukan di dalam kawasan," ulasnya.

Terlebih, para karyawan sudah mengetahui jika merokok di dalam kawasan pabrik dapat berakibat fatal dan memicu kebakaran.

"Beruntung api di tumpukan limbah itu segera tertangani dan tidak sampai menjalar ke dalam pabrik yang berisi bahan baku kayu kering," papar Candra.

Editor : Achmad S



Berita Terkait