PCU Sabet Banyak Penghargaan di Ajang LO Kreatif 2023 APTISI VII Jatim

© mili.id

Juara 1 kategori Ide Bisnis dari tim mahasiswi DFT PCU yang membuat Sensory-Friendly Clothing Line untuk anak dengan kondisi Autisme dan ADHD.(Foto: PCU for Mili.id)

Surabaya - Sebanyak delapan tim mahasiswa Petra Christian University (PCU) Surabaya panen penghargaan dalam Lomba Nasional Kreativitas Mahasiswa 2023 yang digelar Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah VII, Jawa Timur.

Mereka berhasil menyabet juara di enam kategori lomba seperti Tik Tok, Komik, Ide Bisnis, Fotografi, Video Pendek, dan Desain Poster pada lomba bertema “Membangun Sinergi, Kreativitas, dan Inovasi dalam Merdeka Belajar”.

“Para mahasiswa mengikuti kompetisi ini melalui beberapa mata kuliah, dan kami sangat bangga bahwa perjuangan serta kerja keras mereka bisa berbuah manis,” ungkap Cindy Muljosumarto, S.Sn., M.Des., salah satu dosen PCU, Selasa (9/1/2023).

Ia merinci bahwa dalam prosesnya, mulai dari pembekalan materi, pengerjaan draft, hingga masuk ke tahap final, para mahasiswa itu mendapat bimbingan dari dosen maupun asisten dosen. Tak heran, berkat tangan dingin mereka, delapan tim mahasiswa berhasil membawa pulang Piala Juara dari enam kategori lomba yakni Tik Tok, Komik, Ide Bisnis, Fotografi, Video Pendek, dan Desain Poster.

Delapan tim itu beranggotakan mahasiswa dari program Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Textile and Fashion Design. Dengan kreativitas masing-masing, mereka telah menghasilkan beragam karya yang berkaitan dengan Merdeka Belajar.

Berikut hasil karyanya : Fotografinya berjudul “Membangun Kebiasaan Kecil Sejak Dini” berhasil menyabet Juara 2 Kategori Fotografi, video TikTok berdurasi satu menit 30 detik dengan mengangkat topik dari salah satu aspek SDGs (Sustainable Development Goals) yakni climate action, yang menjadi bagian dari tema LO Kreatif 2023 karya tim Batagor dengan hastag #DariADIuntukBUMI, sabet Juara 3 kategori Tiktok.

Desain poster bergambar "Swiss Army Knife" atau pisau serbaguna karya tim Andream sabet Juara 2 Kategori Desain Poster; Desain poster bertopik “Merangkai Indonesia Maju dengan Guru Berkualitas” karya Tim HIYAA Juara 1 Kategori Desain Poster.

Video pendek berjudul “Belum Ada Judul”, karya Tim Villager Q-Docteran berhasil meraih Juara 2 Kategori video Pendek; Komik berjudul "NawaSena" karya Tim Fatamorgana dinobatkan sebagai Juara 3; dan Komik berjudul "Kisah Bumi, Matahari, dan Sebuah Es Krim" karya tim Mimi berhasil juara 1 Kategori Komik.

Posisi juara 1 kategori Ide Bisnis berhasil diraih Kalmé Team berisi empat mahasiswi Textile and Fashion Design yakni Regina Mitzi, Gabriella Rachel, Jeanneth Cristie Immaculata Wuri, dan Sheila Clarabella. Mereka mengembangkan ide bisnis terkati Sensory-Friendly Clothing Line untuk anak dengan kondisi Autisme dan ADHD.

“Kami melihat bahwa di Indonesia masih belum ada pakaian yang disesuaikan dengan kebutuhan anak usia 4-8 tahun penyandang autisme dan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Kami juga memanfaatkan skill creative fabric dan embellishment untuk membuat fitur interaktif fidgeting pada pakaian,” tutur ketua tim, Regina.

Dalam hal berbusana, anak-anak penyandang dua kondisi tersebut sering merasa tidak nyaman dengan beberapa impuls atau rangsangan yang diberikan, yang disebabkan oleh Sensory Processing Disorder (SPD). “Harapannya, ide bisnis dan eksistensi dari brand Kalme’ ini mampu meningkatkan awareness dan rasa peduli terhadap kondisi autisme dan ADHD pada anak,” tutup Regina.

Sebagai salah satu dosen pengampu, Cindy berharap agar para mahasiswa semakin semangat mengikuti berbagai macam lomba. “Jadikan itu sebagai ajang untuk meningkatkan potensi diri, menambah pengalaman, dan memperluas relasi,” tuturnya. Dalam ajang LO Kreatif 2023 ini sendiri, tercatat ada 3.013 peserta dari 92 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berpartisipasi, dengan total 788 tim.

Editor : Aris S



Berita Terkait