Rumah Pelatih Tari di Kota Mojokerto Kebakaran, 4 Warga Dirawat Tim Medis

© mili.id

Petugas dari tim kesehatan memberikan pertolongan pada warga yang menderita sesak napas akibat menghirup asap kebakaran.(Foto: Karina/mili.id)

Mojokerto - Empat warga mengalami gangguan saluran pernapasan akibat menghirup asap dari kebakaran rumah di Mentikan Gang 1, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto.

Peristiwa ini terjadi di rumah pelatih tari Avita Meta Ovilio, Sabtu (13/1/2024) malam.

Mas PJ Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro menjelaskan, sebanyak empat warganya mengalami gangguan pernapasan dan sudah ditangani oleh tim PSC dan Prameswari.

Petugas pemdam kebakaran berupaya memdamkan api .(Foto: Karina/mili.id)Petugas pemdam kebakaran berupaya memdamkan api .(Foto: Karina/mili.id)

"Ada yang mengalami gangguan pernapasan, sudah ada tindakan dari tim PSC dan Prameswari sehingga tidak perlu rawat inap," ucapnya yang biasa disapa Mas PJ.

Mas PJ mengatakan, call taker Siaga, Interaktif, Aktif, Praktis (SIAP) 112 menerima laporkan kejadian tersebut yang ditindak lanjuti dengan bergeraknya tim pemadam kebakaran, petugas PSC 119, Prameswari Mentikan, dan petugas PLN ke lokasi.

Ia pun langsung turun ke rumah warga menyampaikan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang terjadi tadi malam tadi.

"Alhamdulillah, atas fast respon warga dan tim yang tergabung dalam 112 api dapat segera dipadamkan sehingga tidak ada korban yang terluka parah atau sampai meninggal," kata Ali.

Meski api berhasil dipadamkan, rumah milik Avita Meta Ovilio ini sebagian besar hangus terbakar dan pemkot akan membantu untuk membangun kembali rumahnya.

"Semoga Bu Ovi tetap sabar, ini adalah ujian dari Allah. Nanti dari pemkot akan memberikan bantuan untuk membangun kembali rumahnya," pungkas Ali.

Sementara, tetangga korban Salis Aminatu (41), sempat kaget ketika mendengar suara dentuman keras dari belakang rumahnya.

"Tadi itu tiba-tiba saya dengar ada suara seperti atap jatuh kencang sekali di belakang rumah. Saya lihat ternyata sudah ada api," ujarnya.

Salis sendiri tak mengetahui penyebab munculnya api. Seketika itu, warga berbondong-bondong berusaha menyelamatkan Susiani, lansia yang menempati depan rumah korban.

Ovi, sang pemilik rumah pun yang datang usai pergi makan dibuat kaget bukan kepalang saat mengetahui rumahnya dilalap si jago merah.

Beruntung, saat peristiwa terjadi, rumah dalam kondisi kosong. "Katanya, mbak Ovi (pemilik rumah) habis keluar cari makan," tandasnya.

Hingga kini penyebab kebakaran di pemukiman padat penduduk tersebut masih belum diketahui.

Editor : Aris S



Berita Terkait