Ketua FRI Apresiasi Presiden Jokowi Terkait Penambahan Anggaran Riset

© mili.id

Ketua FRI periode 2022–2023, Prof. Dr. Mohammad Nasih (kedua dari kiri) foto bersama Presiden Jokowi usai pembukaan Konvensi XXIX Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia (FRI) di Graha Unesa. (Humas Unesa for Mili.id)

Surabaya - Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) periode 2022–2023, Prof. Dr. Mohammad Nasih SE., MT., Ak., menyambut baik serta mengapresiasi terhadap dukungan Presiden RI Joko Widodo yang berencana menaikkan anggaran riset.

Menurutnya hal tersebut merupakan investasi nyata untuk peningkatan kualitas SDM serta untuk menjawab berbagai tantangan yang sedang dihadapi Bangsa Indonesia.

“IPM kita masih 73 dan kita berharap 2024 ada di angkat 83 untuk menjadi negara maju. Angka rata-rata sekolah kita di angka 9 atau 9 tahun sementara negara maju sudah 13 tahun. Skor PISA kita masih rendah, riset apalagi. Banyak yang perlu dinaikan dan itu perlu investasi karena berkaitan langsung dengan kualitas SDM kita,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Konvensi XXIX Temu Tahunan XXV, Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., mengatakan siap menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi terkait peningkatan SDM, riset dan inovasi. Diharapkan mulai tahun ini perguruan tinggi sudah mulai berlari dalam hal inovasi dan beradaptasi.

Pihaknya berkomitmen melaksanakan arahan presiden untuk membangun dan mendesain SDM dengan bonus demografi yang kita miliki ke depan. Itu harus fokus dan didesain benar-benar sehingga sesuai harapan kita bersama menuju Indonesia emas.

“Melalui forum ini juga nanti akan menghasilkan rekomendasi. Kami (FRI) diminta untuk membantu memformulasikan SDM karena itu ada di perguruan tinggi,” ucap Cak Hasan, sapaan akrabnya.

Editor : Aris S



Berita Terkait