Asrul Sani Resmi Jadi Hakim MK, Berikut Perjalanan Karirnya

© mili.id

Pelantikan Asrul Sani sebagai Hakim MK di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/1/2024) - (Foto: Laman resmi Sekretariat Kabinet RI)

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan pengucapan sumpah Asrul Sani sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Berdasarkan laman resmi Sekretariat Kabinet RI, penetapan Asrul Sani sebagai Hakim MK tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 102/P Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Hakim Konstitusi yang diajukan oleh Dewan Perwakilan rakyat (DPR).

Keppres yang ditetapkan Presiden Jokowi di Jakarta pada 24 Oktober 2023 itu, dibacakan Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Usai penandatanganan Keppres, Asrul mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Kepala Negara.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Hakim Konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Asrul.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh Presiden Jokowi dan Asrul Sani.

Turut hadir dalam acara ini yaitu Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Perjalanan Karir Asrul Sani

Berdasarkan data Wikipedia, Arsul Sani adalah seorang politikus dan pengacara asal Indonesia.

Dia merupakan politikus yang berasal dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia periode 2019-2024.

Sebelumnya, ia merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2014–2019 yang mewakili daerah pemilihan Jawa Tengah X, meliputi daerah Kabupaten Batang, Pemalang dan Kabupaten/Kota Pekalongan.

Arsul bertugas di Komisi III yang membidangi hukum, hak asasi manusia (HAM) dan keamanan serta ia juga menjadi anggota Badan Legislasi DPR.

Selain itu, Arsul adalah Sekretaris Jenderal PPP sejak 20 Mei 2016, di bawah kepemimpinan Ketua Umum Romahurmuziy.

Dan per 18 Januari 2024, Arsul Sani dipercaya menjabat sebagai hakim konstitusi menggantikan Wahiddudin Adams.

Editor : Redaksi



Berita Terkait