Maraknya Pinjol Dinilai Memperkeruh Hadirnya Koperasi di Tengah Masyarakat

© mili.id

RAT Tahun Buku 2023 KSP Prima Danarta di Surabaya (Foto: Bejo/mili.id)

Surabaya - Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Credit Union (CU) Prima Danarta menyoroti maraknya pinjaman online (pinjol) yang membuat nasabah tercekik.

Hal tersebut disampaikan Manajer KSP CU Prima Danarta, Agustinus Tri Istanta saat konferensi pers di Auditorium Universitas Widya Mandala Surabaya, Minggu, (21/1/2024).

Agustinus menjelaskan, koperasi merupakan badan usaha yang dibentuk berdasar pada prinsip kekeluargaan, dengan tujuan utama untuk meningkatkan kesejahteraan para anggota. Pastinya, setiap koperasi memiliki nilai-nilai luhur yang diterapkan sebagai dasar pengelolaan sesuai cita-cita bersama.

"Maraknya kabar berita tentang koperasi yang bermasalah, serta menjamurnya pinjaman online yang berbaju koperasi open loop akhir-akhir ini, tentu memperkeruh citra kurang mengenakkan hadirnya koperasi di tengah-tengah masyarakat," ujar Agustinus.

"Belum lagi jenis koperasi berbasis anggota yang masih bertahan dengan penampilan jadul, serta belum mampu mengikuti berbagai perubahan atau perkembangan, khususnya pemanfaatan teknologi informasi dalam sistem pengelolaan koperasi. Hal ini semakin memperkeruh citra koperasi kurang dapat dipercaya kaum muda," tambahnya.

Dia menambahkan, program-program yang dikembangkan KSP CU Prima Danarta mencakup pendidikan, finansial keluarga, pengembangan usaha, pengembangan jaringan usaha anggota, program simpanan dan pinjaman, program solidaritas-perlindungan anggota hingga program pelatihan.

"Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2023 yang diselenggarakan hari ini, mengangkat tema "To do More-Empowering Youth and Communities'. Pada kesempatan ini pula, KSP CU Prima Danarta mulai memberikan kesempatan kepada anggota usia muda untuk berani memimpin sidang RAT sebagai acara yang terpenting dalam kegiatan berkoperasi," papar Agustinus.

Dari data yang diperoleh, saat ini jumlah anggota KSP CU Prima Danarta adalah 4.318 orang. Jumlah anggota anak muda usia 16 hingga 35 tahun sebanyak 959 orang (22%) dan lansia sebanyak 160 orang (3%).

"Kami yakin anak muda 22% ini akan mewarnai gerakan KSP CU Prima Danarta di masa mendatang. Hal ini sama artinya bahwa kami sedang memastikan keberlanjutan lembaga ini dalam visinya menjadi Credit Union yang terpercaya dan berkelanjutan," pungkas Agustinus.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait