Berbagi Senyum di Pulau Sibandang: Mengenal Profesi, Pendidikan dan Kebersamaan

© mili.id

Program Strive Voluntourism for Sibandang (Foto-foto: Media Kreatif Indonesia for mili.id)

mili.id - Pulau Sibandang dengan pesona sebagai geopark global UNESCO caldera Toba, terus memancarkan sinar keindahan dan potensi luar biasa yang dimilikinya.

Dalam upaya memberikan pencerahan dan memajukan pulau tersebut, gerakan volunteerism yang diprakarsai "Strive" menjadi tonggak penting yang menghubungkan berbagai lapisan masyarakat, dari para profesional hingga pemerintah daerah.

Untuk menginspirasi dan memajukan Pulau Sibandang, gerakan volunteerism berhasil mengumpulkan para volunteerism dengan beragam latar belakang profesi, termasuk founder, trainer, dosen, dan CEO.

Para volunteer ini bersatu dalam semangat kebersamaan, menjalankan kegiatan "Strive Voluntourism for Sibandang-Berbagi Inspirasi Lewat Profesi".

Mereka juga antusias membagikan pengalaman dan pengetahuan mereka kepada generasi muda, memberikan inspirasi bahwa tidak ada batasan untuk bermimpi dan meraih kesuksesan.

Inti dari kegiatan "Strive Voluntourism for Sibandang" mengandung nilai-nilai yang memperkaya pengalaman anak-anak Pulau Sibandang. Kejujuran, sebagai dasar moral, menjadi fondasi utama dalam setiap interaksi antara para volunteer dan anak-anak.

Senyum, sapa, dan salam menjadi bentuk kehangatan dalam setiap pertemuan, menciptakan lingkungan yang penuh keceriaan dan persahabatan. Tidak hanya itu, nilai cinta lingkungan juga menjadi bagian tak terpisahkan dari kegiatan ini.

Melalui edukasi dan contoh nyata, anak-anak diajak untuk menjaga dan melestarikan keindahan alam Pulau Sibandang. Pantang menyerah dihadirkan sebagai semangat yang menginspirasi, mengajarkan bahwa tantangan dan rintangan bukanlah penghalang untuk mencapai impian.

Lebih dari sekadar pengenalan profesi, kegiatan ini memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya pendidikan, kerja keras, dan tekad dalam mencapai tujuan hidup.

"Strive Voluntourism for Sibandang" bukan sekadar acara singkat, melainkan investasi jangka panjang dalam perkembangan potensi anak-anak sebagai generasi penerus yang cerdas, berdaya saing, dan memiliki integritas.

Melalui semangat kejujuran, senyum sapa salam, cinta lingkungan, pantang menyerah, dan kerja sama, kegiatan ini memberikan dampak positif yang menciptakan lingkungan belajar yang menginspirasi dan memberdayakan anak-anak Pulau Sibandang.

Mereka tidak hanya belajar tentang profesi, tetapi juga mengembangkan nilai-nilai yang membentuk karakter kuat dan sikap positif untuk menghadapi masa depan.

"Strive Voluntourism for Sibandang" bukan sekadar perjalanan wisata, tetapi perjalanan transformasi yang membawa sinar harapan bagi generasi muda Pulau Sibandang.

Pertemuan antara beragam latar belakang profesi dalam komunitas sukarelawan ini menciptakan keragaman yang kaya dalam pelaksanaan kegiatan "Strive Voluntourism for Sibandang-Berbagi Inspirasi Lewat Profesi".

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Utara, Sasma H. Situmorang bukan hanya memberikan dukungan, melainkan turut serta dalam berbagai kegiatan bersama para volunteer. Aksi memandikan kerbau bersama-sama menjadi simbol kebersamaan dan keterlibatan langsung pemerintah dalam inisiatif positif ini.

"Komunitas Strive bukan hanya berwisata ke Pulau Sibandang, tetapi mereka juga melakukan edukasi serta motivasi terhadap anak-anak dan mempromosikan Pulau Sibandang sebagai objek wisata yang menarik," ungkap Sasma tertulis, Senin (22/1/2024).

Menurutnya, hal itu mencerminkan peran strategis pemerintah dalam pengembangan pariwisata berbasis konservasi dan alam di Pulau Sibandang.

Sementara Executive Director of Strive, Nukeu Novia Andriani S menyoroti keunikan Pulau Sibandang sebagai geopark global UNESCO caldera Toba.

"Pulau Sibandang terbentuk akibat letusan terdahsyat 74.000 tahun yang lalu. Oleh karena itu, pengelolaan pariwisata di kawasan ini harus berbasis konservasi dan alam," ungkapnya.

"Strive Voluntourism for Sibandang" menjadi wahana untuk menggabungkan keindahan alam dengan kearifan lokal, menciptakan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Di sisi lain, Sekretaris BP. TCUGGP, Debbie Panjaitan menyambut partisipasi para volunteer sebagai langkah maju untuk menjadikan Pulau Sibandang sebagai destinasi pariwisata berbasis geopark.

"Para Volunteer yang hadir dari berbagai profesi sudah melakukan suatu aksi dan ini merupakan suatu pilot project," ujar dia.

Debbie juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama melestarikan budaya yang kaya di Pulau Sibandang, menjadikan pengalaman wisata sebagai ajang pembelajaran nilai-nilai lokal.

Ketua Umum Jaringan Geopark Indonesia, Mohamad Farid Zaini menekankan pentingnya melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan pariwisata.

"Terdapat banyak destinasi wisata di Pulau Sibandang, seperti kain tenun ulos, menaiki dragon boat, dan lain-lain. Semoga Strive Indonesia dapat membuat kegiatan serupa di tempat lain dan kami siap untuk diundang lagi," paparnya.

Katanya, hal itu mencerminkan semangat dan antusiasme para volunteer untuk terus mendukung perkembangan Pulau Sibandang.

Dengan demikian, "Strive Voluntourism for Sibandang" menjadi wahana integratif yang tidak hanya memadukan aspek pariwisata dan edukasi, melainkan juga memberikan dampak positif untuk keberlanjutan Pulau Sibandang.

Semua pihak yang terlibat, dari pemerintah, komunitas, hingga para volunteer, bersatu untuk menciptakan perubahan positif dan memberikan inspirasi bagi anak-anak Pulau Sibandang, menciptakan masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan.

Pulau Sibandang bukan hanya destinasi wisata, tetapi juga tempat di mana berbagai profesi dan komunitas bersatu demi kebaikan Bersama.

Pada kegiatan tersebut, para volunteer mengunjungi sekolah-sekolah yang berada di Pulau Sibandang, yaitu:

1. SD Negeri 173361 Sibandang
2. SD Negeri 173362 Sibandang
3. ⁠SD Negeri impres 133457 Sibandang
4. SMP Negeri 4 Muara
5. SD Negeri No 173351 Papande

Mereka juga mengunjungi tempat-tempat wisata yang berada di Pulau Sibandang, sebagai berikut:

1. Kampung Tenun Papande
2. Galeri Ulos Papande
3. Wahana Dragon Boat Sampuran
4. Puncak Latinsuk
5. Puncak Panimpulan
6. Namartua Situnggung
7. Rumah Bolon

Kegiatan "Strive Voluntourism for Sibandang" kali ini dapat berjalan dengan lancer, tidak terlepas berkat dukungan para volunteer yang berasal dari beragam latar belakang bidang dan perusahaan, sebagai berikut:

1. Lisa Zhang - CEO SMLONE
2. M. Farid - KETUM Jaringan Geoprak Indonesia
3. Ade Sasmo - SIMPLIDOT
4. Angel Japardy -Trainer & Founder BeautyBeyondSize
5. Angeline Widya - Trainer
6. Erlinda - Creative Director Manaaktiva
7. Elnoviami - CEO The Language Access
8. Brahma Kumbara- CEO PT.Prabu Kumbara Group
9. Andrey Saragih - CEO Media Kreatif Indonesia
10. Marlia Hustiani- Penaksir PT. Pegadaian
11. Ira Ramadhani Agustina - Kepala Sekolah Inklusi Aqila Islamic School

Acara tersebut didukung oleh stategy communication partner Media Kreatif Indonesia.

Editor : Redaksi



Berita Terkait