TKD Jatim Sebut Gibran Tenang, Cak Imin dan Mahfud MD Baper

Debat Pilpres 2024

© mili.id

Nobar debat Pilpres 2024 putaan keempat di TKD Jatim Jalan Diponegoro 11, Surabaya (Foto: Wendy/mili.id)

Surabaya - Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim Prabowo-Gibran menyebut bahwa Gibran cukup tenang dalam debat keempat cawapres 2024. Sedangkan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Mahfud MD baper.

Dalam debat cawapres keempat pada Minggu (21/1/2024) malam itu, tema yang diusung adalah pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Bendahara TKD Jatim, Restu Prayogi menilai bahwa Gibran sangat tenang dalam menjawab berbagai macam pertanyaan jebakan yang dilontarkan Cak Imin dan Mahfud MD.

"Saya melihat Mas Gibran tadi malam itu sangat tenang, tidak terpancing. Karena saya melihat dari cawapres nomor 01 dan 03 itu berusaha memancing dan menyerang Mas Gibran," jelas Yogi, Senin (22/1/2024).

Menurutnya, Gibran sangat mendominasi dalam debat semalam. Performanya luar biasa, dan dianggap bisa mewarnai jalannya debat dengan baik dan sangat menarik untuk disaksikan karena tidak monoton.

"Tapi dengan ketenangan, penguasaan materi dan juga bisa menjawab pertanyaan dengan baik. Justru terlihat dari cawapres 03 yang cukup baper (bawa perasaan) ya. Mungkin masih ada pengaruhnya juga dari debat sebelumnya," ungkapnya.

Yogi menjelaskan bahwa cawapres 01 Cak Imin juga berusaha menyerang Gibran terkait materi bio regional. Setelah dijawab oleh Gibran, menurut Yogi, justru Cak Imin yang tidak begitu paham dengan materi tersebut.

"Pada saat Cak Imin mencoba menyerang Mas Gibran terkait dengan bio regional, padahal sudah disampaikan walaupun tidak secara difinisi. Namun justru Cak Imin tidak begitu menguasai terkait hal itu," jelasnya.

Sementara terkait materi pertanyaan green inflation, Mahfud MD saat itu menyatakan tidak ingin menjawab pertanyaan Gibran yang dianggap receh. Namun pertanyaan yang diutarakan Gibran itu disebutnya masih dalam konteks tema debat.

"Prof Mahfud menyampaikan tidak mau menjawab pertanyaan Mas Gibran terkait dengan green inflation. Jelas-jelas pertanyaan itu masih ada hubungannya dengan materi debat tersebut," paparnya.

"Harusnya sih cawapres 01 dan 03 menjawab saja dengan pemahamannya. Tidak perlu menganggap itu pertanyaan tidak penting, receh atau pertanyaan yang gak perlu dijawab. Justru itu terlihat 01 dan 03 tidak menguasai pertanyaan yang disampaikan Mas Gibran," sambung Yogi.

Saat debat semalam, ada lagak Gibran yang jadi perhatian publik, yaitu ketika dia mencoba menelaah jawaban Mahfud MD dengan mencari jawaban dari pertanyaannya yang dirasa Gibran tidak menjawab.

Menurut Yogi, hal itu masih dalam batas wajar. Lagipula, kata Yogi, memang Mahfud MD belum menjawab sama sekali pertanyaan Gibran terkait materi green inflation tersebut.

"Pada saat green inflation tersebut, memang tidak terjawab oleh Prof Mahfud pertanyaannya. Saat Mas Gibran menegaskan kembali, memang ada hal, mungkin ya ini gaya-gaya anak muda. Menurut saya ya wajar-wajar saja dan masih dalam konteks debat," tegasnya.

"Saya juga melihat Mas Gibran setiap debat menyampaikan mohon maaf berkali-kali, artinya itu tidak ingin menjadi suatu hal yang buruk," pungkas Yogi.

 

 

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait