Kecelakaan di Tol Ngawi, Ketua LD PBNU Sempat Terjepit Mobil 2 Jam

© mili.id

Mobil rombongan Ketua LD PBNU Gus Aab terguling di Tol Ngawi (Foto: Ist)

Jember - Mantan Ketua PCNU Jember yang juga Ketua Lembaga Dakwah (LD) PBNU, KH. Abdullah Syamsul Arifin mengalami kecelakaan tunggal di Tol Ngawi hingga menyebabkan satu orang tewas.

Informasi yang diperoleh mili.id, rombongan kiai yang akrab disapa Gus Aab itu sedang menempuh perjalanan menuju Yogyakarta untuk menghadiri Konferensi Besar Nahdlatul Ulama.

Dalam perjalanan itu, Gus Aab ditemani putranya Muhammad Said Hisyam Abdullah (18). Keduanya mengalami luka dan dirawat di rumah sakit di Ngawi. Sedangkan pengemudi Muhammad Baidhowi (30), tewas di lokasi kejadian.

Pengasuh Ponpes Nurul Qarnain Jember, KH. Badrut Tamam mengaku mendapat telepon dari Gus Aab sesaat setelah kecelakaan terjadi.

Menurut Kiai Tamam, dalam teleponnya itu, Gus Aab mengaku dalam kondisi terjepit dalam mobil sekitar 2 jam.

"Sekitar jam 10 malam saya ditelepon Gus Aab. Saat itu suara beliau terdengar merintih kesakitan, dan berusaha meminta tolong," tutur Kiai Tamam saat dikonfirmasi wartawan, Senin (29/1/2024).

Dengan kondisi kesakitan itu, lanjut Kiai Tamam, Gus Aab meminta tolong agar istrinya dikabari.

"Syeh, tolong saya hubungkan ke istri, saya habis kecelakaan," katanya menirukan ucapan Gus Aab.

Gus Aab kemudian mematikan telepon dan mengirimkan chat WhatsApp berisi nomor telepon istrinya.

Karena Kiai Tamam tidak mengetahui langsung posisi kecelakaan Gus Aab, ia berusaha menelepon balik. Namun Gus Aab menjawab telepon itu, dan menyampaikan tidak mengetahui lokasinya.

"Kemudian telepon mati lagi, dan saya dikirimi shareloct-nya. Saya lihat ada di sekitar jalan tol di daerah Ngawi," jelas dia.

Kiai Tamam langsung menghubungi keluarga Gus Aab serta pengurus PCNU Jember. Dia juga menghubungi Polres Jember agar dapat dihubungkan dengan anggota polisi terdekat dengan lokasi Gus Aab, agar bisa memberikan pertolongan.

"Kemudian saya dapat kabar dua jam kemudian, kalau sudah tertolong dan dievakuasi ke rumah sakit. Dari kabar yang saya tahu, posisi Gus Aab terjepit saat itu di dalam mobil. Berhasil dievakuasi dua jam kemudian itu," bebernya.

"Kemudian info yang saya terima dari PCNU Ngawi, peristiwa tersebut merupakan kecelakaan tunggal. Diduga saat itu mobil sedang menghindari genangan air, lalu menabrak pembatas tol hingga terguling mobilnya," tambah Kiai Tamam.

Dalam perjalanannya, rombongan Gus Aab menggunakan mobil Fortuner bernopol P 1672 HO. Kecelakaan terjadi di KM 549 Tol Ngawi-Solo, wilayah Desa Kedungharjo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait