Kapolri Soroti Jumlah Kecelakaan Tinggi di Jatim, Bagikan Tips Aman Bagi Pemudik

© mili.id

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (Foto: Rama Indra/mili.id)

Surabaya – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyoroti angka kecelakaan di Jawa Timur 2023 meningkat tinggi, dan hal ini disampaikan ketika melakukan pengecekan persiapan mudik 2024 di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Kamis (4/4).

"Dari hasil evaluasi 2023 angka lakanya lebih tinggi bila dibandingkan dengan wilayah lain," ungkap Kapolri di Terminal Purabaya, Kamis (4/4/24) sore.

"Maka ini tadi kita ingatkan betul-betul menjaga keselamatan para pemudik. Baik yang menggunakan kendaraan pribadi, maupun yang menggunakan kendaraan angkutan umun," imbuh Sigit.

Selain menjelaskan kecelakaan di Jatim. Kapolri Sigit turut memastikan upaya pencegahan lewat Pos Pelayanan dan Pos Terpadu Terminal Purabaya, aparat agar getol sosialisasi.

"Sudah kita lihat ada pemeriksaan untuk tes urine, pelayanan kesehatan penumpang maupun Sopir. Saya kira ini bagus. Dan ada pos pelayanan, apabila terjadi keluhan atau kriminalitas," ujarnya.

Sigit juga memberikan imbaukan kepada petugas serta warga pemudik untuk tidak terlalu memaksakan diri saat berkendara, tidak terburu - buru, serta memastikan kondisi kesehatan tubuh.

"Diperhatikan rest areanya, kemudian masyarakat yang capek bisa istirahat terlebih dahulu ataupun jangan terburu buru pengen cepat sampai. Menambah kecepatan malah justru terjadi hal hal yang tidak diinginkan," tandas Jenderal Pol. Sigit.

Sementara dari informasi dihimpun, Anev Polda Jatim jumlah laka terjadi sepanjang 2023 terdapat 31.973 meningkat 08 persen dari tahun 2022. Dan Ops Ketupat Semeru 2023 kecelakaan berjumlah 1.118 kejadian tersebar di Jawa Timur.

Sekedar informasi, kehadiran Kapolri di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Kamis (4/4) hari ini didampingi oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, dan Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi, Kapolda Jawa Timur, beserta didampingi PJU.

Editor : Aris S



Berita Terkait