KPU Surabaya Buka Pendaftaran PPK, Setiap Kecamatan Dibutuhkan 5 Orang

© mili.id

Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Subairi (Bejo/mili.id)

Surabaya - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Surabaya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya buka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), totalnya, ada 155 orang yang akan direkrut selama proses Pilkada mendatang.

Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Subairi, menyampaikan, rekrutmen ini telah dimulai sejak tanggal 23 April lalu, hal ini menurut dia sudah tertuang dalam keputusan KPU 476/2024 tentang Metode Pembentukan PPK dan PPS.

"PPK dulu setelah selesai baru PPS. Masing-masing kecamatan lima orang," kata Subairi, Kamis (25/4/2024).

Subairi menyebut, untuk seluruh Kota Surabaya nantinya akan ada 155 orang PPK yang tersebar di 31 kecamatan. Bagi warga yang sebelumnya sudah terdaftar sebagai PPK dalam pemilu di bulan Februari lalu, juga diperbolehkan mendaftar dalam rekrutmen kali ini.

"Terakhir masa pendaftaran calon anggota PPK itu sampai tanggal 29 April 2024," tambahnya.

Terkait persyaratan pendaftarannya, KPU Kota Surabaya sudah menerbitkan Pengumuman KPU Kota Surabaya Nomor 219/PP.04.2-Pu/3578/2024 tentang Seleksi Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan Untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Tahun 2024.

Dalam pengumuman itu disebutkan ada sembilan poin persyaratan yang harus dimiliki calon pendaftar anggota PPK ini.

Beberapa di antaranya adalah calon pendaftar harus berdomisili di wilayah kerja PPK.

Selain itu, pendaftar juga tidak diperbolehkan terlibat sebagai anggota partai politik aktif atau tidak lagi menjadi anggota partai politik paling sedikit selama lima tahun terakhir.

Lebih jauh, Subairi menyampaikan, pengumuman rekrutmen PPK ini bisa dicek di situs media sosial KPU Surabaya. Sedangkan untuk pengiriman dokumen atau membutuhkan informasi lebih detail, pendaftar menurut dia bisa langsung ke kantor KPU Surabaya di Jalan Adityawarman Nomor 87 Surabaya.

"Kami berharap, pendaftaran PPK ini berjalan lancar tidak ada kendala dan sesuai dengan harapan serta target yang sudah ditentukan" ujarnya.

Editor : Aris S



Berita Terkait