Jalan Ir Soekarno Diresmikan, Wujud Penghormatan Masyarakat dan Pemkot Mojokerto

© mili.id

Pj Wali Kota Mojokerto, Moh. Ali Kuncoro dan Forkompimda meresmikan Jalan Ir. Soekarno di ruas Balongcangkring-Rejoto (Foto: Nana/mili.id)

Mojokerto - Plakat Jalan Ir. Soekarno akhirnya terpatri di ruas Balongcangkring (BC)-Rejoto, Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto.

Peresmian jalan pada Kamis (20/6/2024) tersebut menjadi salah satu tanda perayaan Hari Jadi Ke-106 Kota Mojokerto.

Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung papan nama jalan oleh Danrem 082/CPYJ Mojokerto bersama Pj Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro.

Peresmian juga dihadiri Dandim 0815 Mojokerto, Kapolres Mojokerto Kota dan Kapolres Mojokerto, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Mojokerto serta Ketua Pengadilan Negeri Mojokerto.

Mas Pj-sapaan Pj Wali Kota Moh Ali Kuncoro menyebutkan, pemberian nama jalan dengan nama Presiden Republik Indonesia pertama itu, merupakan bentuk penghormatan masyarakat dan Pemkot Mojokerto atas jejak sejarah Sang Prokalamator di Bumi Majapahit.

"Bung Karno memiliki sejarah kuat di Bumi Majapahit. Karena saat muda tepatnya pada Tahun 1909 hingga 1912, beliau pernah menuntut ilmu di Kota Mojokerto. Tepatnya di SDN Purwotengah dan di SMPN 2 Kota Mojokerto," terang Mas Pj tertulis, Jumat (21/6/2024).

Menurutnya, selain wujud penghormatan kepada Bapak Proklamator Indonesia, pemberian nama Ir. Soekarno di ruas Jalan BC-Rejoto itu dikarenakan jalan tersebut masih baru dan belum mempunyai nama.

"Jadi, tepat di momentum Bulan Bung Karno dan Hari Jadi Kota Mojokerto ini, kami bersama-sama Forkopimda Mojokerto Raya meresmikan nama jalan ini," bebernya.

Penamaan ini juga dilatarbelakangi banyaknya aset Pemkot Mojokerto di sekitar ruas jalan tersebut. Di mana infrastruktur jalan ini difokuskan untuk menunjang akses jalur wisata menuju Taman Bahari Mojopahit (TBM).

"Ke depan pengembangan kota memang diarahkan ke area barat. Hadirnya TBM ini juga akan menjadi potensi besar bagi kesejahteraan masyarakat Kota Mojokerto. Sehingga sangat layak jika nama besar Ir. Soekarno ditancapkan di area sini," imbuhnya.

Mas Pj memproyeksikan, 10 hingga 50 tahun ke depan, Jalan Ir Soekarno akan menjadi salah satu jalan protokol yang juga merupakan pusat Kota Mojokerto.

"Akan tumbuh ekonomi baru di sana, akses jalannya boleh dan kanan kirinya masih bisa dikembangkan. Kita ngomongnya gak hari ini, tapi 10, 20 atau sampai 50 tahun lagi," pungkasnya.

 

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait