Beri Rasa Aman saat Misa Natal, Ratusan Personel Diterjunkan di Situbondo

© mili.id

Petugas Polres Situbondo, saat memeriksa para jemaat menggunakan metal detecktor. (Fatur Bari)

Situbondo - Polres Situbondo menyiagakan ratusan personel melakukan penjagaan sebanyak 29 gereja saat misa natal, Minggu (24/12/2023).

Sebelum perayaan misa natal, petugas melakukan sterilisasi ke sejumlah gereja. Bahkan, setiap jemaat gereja diperiksa oleh petugas dengan menggunakan metal detecktor di pintu masuk gereja.

"Ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat kristiani, yang sedang merayakan misa natal," ujar Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto.

Menurut mantan Kasat PJR Ditlantas Polda Jatim ini, sebanyak 323 personel yang diterjunkan, sebagian besar dilibatkan untuk pengamanan gereja.

"Sebagian besar kekuatan polres kita libatkan pengamanan gereja di Kabupaten Situbondo," kata Dwi, usai memantau Gereja Katolik Maria Bintang Samudra.

Dwi menegaskan, tercatat sebanyak 29 gereja yang diamankan malam ini dengan dijaga ketat oleh petugas kepolisian. Puluhan gereja itu tersebar di sejumlah kecamatan di antaranya Kecamatan Situbondo, Besuki, Asembagus, Banyuputih dan Banyuglugur. 

"Sejauh ini masih aman, kondusif dan misa natal berjalan khidmat. Semoga akan selalu aman hingga usai natal dan tahun baru 2024 nanti," harapnya.

Kapolres mengaku bahwa pengamanan dalam rangka perayaan natal ini dilakukan mulai dari sebelum pelaksanaan ibadah, dengan melakukan sterilisasi gereja yang akan digunakan sebagai tempat peribadatan.

"Kita lakukan sterilisasi area gereja, termasuk juga pengamanan saat berjalannya ibadah sampai selesai,"pungkasnya.

Editor : Achmad S



Berita Terkait