Hilang 1 Hari, Fabregas Ditemukan Tak Bernyawa di Pulau Merah Banyuwangi

© mili.id

Jasad Fabregas saat dievakuasi tim gabungan SAR. (Ist for Mili.id)

Surabaya - Tim SAR gabungan berhasil menemukan Cristian Fabregas (13) sudah dalam kondisi meninggal di perairan pantai pulau Merah, kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, pada Kamis (28/12/2023).

Kepala Kantor SAR Surabaya, Muhamad Hariyadi mengatakan, SRU air yang dikerahkan tim SAR gabungan menemukan jenazah korban mengapung di sekitar perairan pantai pulau Merah, jaraknya sekitar 500 meter dari lokasi kejadian.

Proses evakuasi jenazah korban dari lokasi penemuan ke darat berjalan lancar. Setibanya di pantai, tim SAR gabungan menyerahkan jenazah korban kepada pihak keluarga untuk kemudian dimakamkan.

Fabregas merupakan warga dusun Krajan, desa Pesanggaran yang hilang terbawa ombak besar saat berenang di sekitar batu Moro Seneng di kawasan pantai pulau merah bersama 3 orang temannya, pada Rabu (27/12/2023).

Tiga teman korban, atas nama Azzaki A (13), Moh Aksan Fadilah (13), dan Aditya Surya R (13) berhasil selamat dari kejadian nahas tersebut, setelah diselamatkan oleh petugas life guard pantai Pulau Merah.

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban, lanjut Hariyadi, sebanyak dua SRU air telah dikerahkan. SRU air pertama melakukan pencarian dengan perahu karet di area satu, dengan luas sekitar 2,4 mil laut. SRU air kedua melakukan pencarian dengan perahu nelayan di area kedua, dengan luas sekitar 2,7 mil laut.

Pada saat yang bersamaan, satu SRU darat bergerak melakukan penyisiran darat di sepanjang pesisir pantai Pulau Merah, dengan menempuh jarak sekitar 2,24 km. Disela penyisiran darat ini, SRU darat menyebarkan informasi kejadian tenggelamnya korban kepada nelayan dan warga yang beraktivitas di sekitar pantai.

Upaya pencarian hingga evakuasi korban ini berhasil berkat kerjasama dari tim Pos SAR Banyuwangi, Life Guard pantai Pulau Merah, Pos TNI AL Muncar, Satpolairud Pancer, BPBD kabupaten Banyuwangi, 851 Rescue, RAPI, Rumah Zakat, nelayan sekitar dan potensi SAR lainnya.

Editor : Achmad S



Berita Terkait