Dukung Bus Listrik di Surabaya, Ketua DPD RI: Minta Segera Beroperasi

© mili.id

Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti

Mili.id - Ketua DPD RI, AA LaNyall Mahmud Mattalitti, mendukung pengoperasian bus listrik di Kota Surabaya. LaNyalla bahkan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan transportasi publik saat bus listrik beroperasi.

“Ini sudah 50 hari sejak diluncurkan pada 20 Desember 2022 lalu. Saya berharap agar bus listrik bisa segera beroperasi di Surabaya dan memenuhi kebutuhan transportasi untuk publik,” tutur LaNyalla Di sela kegiatan sosial daerah pemilihan di surabaya.

Senator asal Jawa Timur itu pun berharap kesepakatan kontrak antara Pemkot Surabaya dengan operator bus listrik bisa segera tercapai.

“Kesepakatan harus segera dicapai agar kita bisa segera mengatasi kebutuhan moda transportasi warga Surabaya sekaligus menunjang mobilitas dan menghindari penggunaan kendaraan pribadi,” katanya.

Menurutnya, bus listrik yang nyaman merupakan daya tarik sehingga masyarakat beralih dari penggunaan mobil pribadi ke transportasi publik. 

“Tentu saja keberadaan bus listrik akan memberikan sejumlah dampak positif. Sebab, jika masyarakat beralih ke transportasi publik, maka konsumsi BBM akan berkurang. Dan itu tentunya akan berdampak pula terhadap kemacetan yang berkurang,” katanya.

Yang tidak kalah penting, sahut LaNyalla, adalah terciptanya udara kota Surabaya yang lebih bersih dan sehat.

Untuk itu, LaNyalla berharap penggunaan bus listrik sebagai transportasi umum juga bisa dijalankan di kota-kota lain.

“Bus listrik sebagai transportasi publik harus bisa dioperasikan di kota-kota lain agar semakin banyak warga yang beralih ke transportasi publik. Sebab, semakin banyak warga yang menggunakan kendaraan umum, semakin kita dapat menekan konsumsi BBM,” katanya. (rls/rar)

Editor : Redaksi



Berita Terkait