Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Jatim Diperpanjang

© mili.id

Info grafis pendaftaran calon anggota Bawaslu Jatim/foto Bawaslu Jatim

Mili.id - Masa pendaftaran calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur periode 2023-2028, khusus perempuan diperpanjang tiga hari. Pasalnya, kuota pendaftar bagi perempuan tak memenuhi syarat 30 persen.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Bawaslu Jawa Timur, Sasongko Budi Susetyo mengatakan,  sampai ditutupnya masa pendaftaran, berkas yang diterima pihaknya sebanyak 101 orang, terdiri dari 78 laki-laki dan 23 perempuan.

Menurutnya, sesuai pedoman Bawaslu RI,  bila kuota perempuan tidak mencukupi 30 persen dari jumlah pendaftar. Akan dilakukan perpanjangan selama tiga hari, khususkan untuk perempuan.

"Rencananya perpanjangannya dari tanggal 9 sampai 11 Mei ini," ungkap Sasongko, melalui keterangannya kepada wartawan, pada Sabtu

Ia membeberkan, Bila, sudah dilakukan masa perpanjangan, namun kuota pendaftar perempuan belum memenuhi 30 persen. Maka, akan tetap dilanjutkan ketahap selanjutnya. Kemudian Tim Seleksi akan melakukan verifikasi sebelum menetapkan ke tahapan berikutnya.

"Jadi kalau nanti sudah dibuka tapi pendaftarnya juga ternyata tidak cukup kuota maka tahapan akan tetap dilanjutkan," ucap Sasongko. (*)

Editor : Redaksi



Berita Terkait