Sukseskan Pemilu 2024, Polda Jatim Gelar Diskusi Panel dengan Media

© mili.id

Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto bersama Pejabat Utama (PJU) menggelar diskusi Panel dan Pelatihan Peliputan Pemilu 2024.(foto:Humas Polda Jatim for mili.id)

Surabaya - Menyambut Pemilu 2024, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto bersama Pejabat Utama (PJU) menggelar diskusi Panel dan Pelatihan Peliputan Pemilu 2024, dengan tema 'Sinergitas Polda Jatim Bersama Awak Media dalam Mensukseskan Pemilu 2024' Suara Rakyat (Sura) Suara Pemilu (Sulu), di Hotel Novotel Samator, Selasa (10/10/2023).

Kegiatan yang dihadiri langsung sedikitnya 115 wartawan seluruh Jawa Timur, baik cetak, elektronik dan radio ini digelar secara hybrid (online dan offline) bersama polres jajaran masing-masing.

Irjen Toni berharap, melalui kegiatan ini dapat memunculkan sinergi kolaborasi antara media dan Polri, untuk mengawal tahapan pemilu yang akan berlangsung nanti hingga tahun depan.

"Pemberitaan-pemberitaan yang saya harapkan tadi tidak hanya bad news is good news ya, tapi bad news is bad news, good news is good news," katanya.

Ia juga memerintahkan anggotanya untuk terbuka dalam menyampaikan data kepada awak media. Menurutnya, jika suatu hal tidak segera disampaikan kepada media atau kurang terbuka, maka akan timbul suatu pertanyaan yang justru akan menimbulkan isu liar.

"Termasuk anggota-anggota kita jangan terlalu pelit untuk menyampaikan hal-hal kepada media. Jajaran kepolisian tentunya juga terus berharap kepada rekan-rekan media di Jawa Timur, terhadap konsen yang berkait dengan konten berita yang akurat, berimbang dan tidak subjektif," tambahnya.

"Serta, dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan kode etik jurnalistik dan undang-undang pers yang tentunya akan terus dapat selalu menyajikan informasi-informasi yang terus menyuguhkan kaitan dengan pelaksanaan Pemilu 2024," lanjutnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan diskusi Panel dan Pelatihan Peliputan Pemilu 2024 ini terbagi menjadi dua sesi. Tentunya, tiap sesi diisi dengan narasumber yang berbeda.

Untuk sesi pertama ada narasumber dari KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, Anggota Bawaslu, Dwi Endah Prasetyowati, Akademisi, Suko Widodo, Ketua Komite Komunikasi Digital (KKD) Jatim, Arief Rahman dan Kabaganalis Direktorat Intelkam Polda Jatim, AKBP Fatahul Azmi.

Sedangkan di sesi diskusi yang kedua, juga ada narasumber dari Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim dan ditutup dengan pembulatan oleh Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto.

Editor : Aris S



Berita Terkait