Adem... Hujan Perdana di Kabupaten Mojokerto Basahi Tiga Wilayah

© mili.id

Tangkapan layar video hujan turun di Gondang, Mojokerto

Mojokerto - Hujan perdana terjadi dalam tiga wilayah di Kabupaten Mojokerto, Jumat (3/11/2023) siang.

Informasi yang dihimpun mili.id, hujan terjadi di tiga wilayah. Dua wilayah berada di area hutan Kecamatan Jatirejo, dan Kecamatan Pacet. Sedangkan di kawasan pemukiman, terjadi di Kecamatan Gondang.

"Ada tiga kecamatan. Pacet dan Jatirejo itu di area hutan. Kalau Gondang termonitor di depan Koramil," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto Abdul Khakim.

Khakim menjelaskan, fenomena hujan yang turun di awal November 2023 ini merupakan tanda-tanda peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Terpantau dari aplikasi SIMONA milik BPBD Kabupaten Mojokerto, dalam sepekan ke depan memang sejumlah wilayah berpotensi hujan. Yakni Kecamatan Gondang, dan Pacet.

"Kalau dilihat dari SIMONA memang ada wilayah yang berpotensi hujan intensitas sedang," ucapnya.

Salah satu warga di Desa Purworejo, Kecamatan Pungging yang berbatasan dengan Kecamatan Trawas, Sarvin Hadi Siswoyo mengakui bahwa di sekitarnya terpantau mendung. Bahkan gemuruh guntur sempat terdengar.

"Barusan aja sempat ada suara gemuruh guntur. Di sini memang kelihatan mendung. Tapi infonya hujan di Pacet sebentar," tutur Hadi.

Hal ini diperkuat dengan update peringatan dini cuaca wilayah Jawa Timur, Jumat (3/11/2023) pukul 12.40 WIB masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga hebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang di beberapa wilayah.

Kondisi itu bisa meluas hingga Kabupaten Mojokerto, seperti Jatirejo, Gondang, Pacet, Trawas, Gedeg, Kemlagi, Jetis, Dawarblandong.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait