Prabowo Sebut Anies Menyesatkan dan Tidak Pantas Bicara Etik

© mili.id

Prabowo dan Anies (Foto: Tangkapan layar video)

Surabaya - Calon Presiden (Capres) 02 Prabowo Subianto menilai Anies Baswedan tidak pantas bicara soal etik dan menyesatkan.

Debat panas itu dipertontonkan Prabowo dan Anies dalam debat putaran ketiga Pilpres 2024 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Minggu (7/1/2024) malam.

Hal itu dimulai ketika Anies bertanya ke Prabowo, mengenai adanya orang dalam dalam pengadaan alutsista PT Teknologi Militer Indonesia. Beserta sikap Prabowo yang berkompromi atas pelanggaran etik cawapres pasangannya.

"Tetapi dalam kenyataannya pak, ketika bapak memimpin di Kementerian Pertahanan banyak orang dalam, dalam pengadaan alutsista PT. Teknologi militer Indonesia, Indonesia defense sekuriti. Lalu orang dalam dalam pengelolaan food estate," ujar Anies.

Anies juga mengatakan bahwa Prabowo sengaja membiarkan pelanggaran etik itu.

"Ada pelanggaran etika dan bapak tetap jalan terus dengan cawapres yang melanggar etika. Artinya, ada kompromi atas standar etika. Ini fakta dan dalam pidato bapak mengolok-olok tentang pentingnya etika," sambung dia.

Menganggapi pernyataan Anies tersebut, Prabowo mengungkapkan bahwa yang disampaikan Anies keliru. Dan dia bersedia duduk bersama Anies untuk buka-bukaan data.

"Jadi saudara, semua data yang saudara ungkapkan itu keliru semua. Jadi saya bersedia kita duduk kita buka-bukaan," jawab Prabowo.

Sedangkan, menjawab soal etika, Prabowo menjawab bahwa Anies tidak pantas berbicara etik, dan menganggap Anies menyesatkan.

"Saudara bicara etik, etik, saya keberatan, karena saya menilai, maaf ya. Karena Anda desak saya, saya terus terang saja, saya menilai Anda tidak pantas bicara soal etik. Itu saja," ucapnya.

"Saya merasa bahwa Anda itu, posturing Anda itu menyesatkan, itu aja ya. Saya boleh berpendapat kan? Saya menilai Anda tidak berhak bicara soal etik, karena Anda memberi contoh yang tidak baik soal etik. Terima kasih," pungkas Prabowo.

Untuk diketahui, debat putaran ketiga Pilpres 2024 ini mengusung tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional Globalisasi dan Geopolitik Politik. Debat kali ini menghadirkan tiga capres, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait