PKB Menjadi Pemenang Pemilu di Situbondo, Raih 13 Kursi

© mili.id

Proses penghitungan surat suara di TPS beberapa hari lalu. (Fatur Bari/Mili.id)

Situbondo - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi pemenang pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten Situbondo dengan perolehan sebanyak 118,800 suara. Sedangkan posisi kedua ditempati PPP.

Sehingga dengan perolehan sementara sebanyak 118.800 suara di pemilu serentak 2024, PKB meraih sebanyak 13 kursi, PPP 9 kursi, Gerindra 6 kursi, Golkar 5 kursi, PDIP 5 kursi, Demokrat 3 kursi, Nasdem 2 kursi sedangkan Hanura dan PKS sama-sama mendapat 1 kursi.

Sekretaris DPC PKB Situbondo Mahbub Junaidi, perolehan suara pemilu serentak tahun 2024 dengan demikian partai berlogo bola dunia ini dua kali berturut-turut menjadi menjadi pemenang di Kabupaten Situbondo.

"Pada Pemilu 2019 lalu, PKB Situbondo juga menjadi pemilu dengan perolehan sebanyak 118.164 suara. Itupun dengan perolehan juga sebanyak 13 kursi," kata Mahbub Junaidi, saat ditemui di Kantor DPC PKB Situbondo, Minggu (25/2/2024).

Menurut dia, pada pemilu serentak tahun ini, PKB mempunyai potensi untuk menempatkan 16 wakilnya di Kantor DPRD Kabupaten Situbondo, seperti di Dapil I Situbondo, yang meliputi Kecamatan Kota dan Panji, dan Dapil II yang meliputi Kecamatan Mangaran-Kapongan.

"Pada dua Dapil tersebut, PKB Situbondo berpotensi memperoleh masing-masing tiga kursi, namun perkembangannya untuk berebut kursi ketiga, sisa suara Caleg PKB kalah dengan Caleg partai yang lain," bebernya.

Selain itu, lanjut Mahbub, khusus di Dapil 5 yang meliputi Kecamatan Kendit dan Kecamatan Panarukan, di Dapil tersebut PKB berpotensi mendapat 4 kursi, namun dalam perkembangannya sisa suara Caleg PKB untuk kursi ke empat, kalah dengan partai Caleg, sehingga untuk Dapil 5 PKB harus puas mendapat jatah 3 kursi.

"Karena data ini, merupakan perolehan sementara. Oleh karena itu, saya mengajak kepada para kader partai, simpatisan dan warga Situbondo, untuk terus mengawal hingga tahapan penetapan KPU Situbondo," pungkasnya.

Editor : Achmad S



Berita Terkait