Kapal Tongkang dengan panjang keseluruhan (LOA) 108 meter atau setara 360 kaki yang berhasil disandarkan di Terminal Batang, Jawa Tengah. (Dok. Pelindo 3).
Batang, mili.id - Momen bersejarah tercipta di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, saat PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo sukses melaksanakan uji coba operasional perdana dengan menyandarkan kapal tongkang pertama di Terminal Batang.
Kapal yang disandarkan merupakan kapal tongkang dengan panjang keseluruhan (LOA) 108 meter atau setara 360 kaki.
Baca juga: Jawa Tengah Bakal Punya KRL: Semarang, Batang hingga Demak Dilirik Jadi Jalurnya
Keberhasilan uji coba ini menjadi tonggak penting dalam pengoperasian Terminal Batang yang pembangunannya baru saja dirampungkan.
Terminal ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang terletak di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), dan ditujukan untuk mendukung sistem logistik nasional serta memperkuat daya saing industri di wilayah tengah Indonesia.
Uji coba sandar kapal pada Selasa (5/8/205) ini turut disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Arief Djatmiko.
Dalam keterangannya, ia menyatakan apresiasinya terhadap langkah Pelindo dalam menghadirkan infrastruktur pelabuhan yang modern dan strategis di wilayah Jawa Tengah.
“Kami mengapresiasi Pelindo yang telah menyelesaikan pembangunan terminal ini dan langsung memulai uji coba secara nyata. Ini merupakan bukti kesiapan infrastruktur untuk mendukung kebutuhan logistik industri di kawasan Batang dan sekitarnya. Kami yakin terminal ini akan menjadi simpul penting distribusi barang di Jawa Tengah,” terang Arief dalam keterangannya, Kamis (7/8/205).
Baca juga: Update Harga Emas Hari Ini, Dari Antam hingga Galeri24
Executive Director 3 Pelindo, Daru Wicaksono Julianto menambahkan bahwa keberhasilan uji coba ini merupakan bagian dari komitmen Pelindo untuk menghadirkan pelabuhan masa depan yang tangguh dan efisien.
Sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan verifikasi lapangan dengan Kementerian Perhubungan terkait hasil akhir pembangunan terminal tersebut.
“Uji coba ini menjadi validasi kesiapan terminal secara fisik dan teknis. Terminal Batang akan memainkan peran penting dalam mempercepat distribusi barang dan menekan biaya logistik. Ini adalah komitmen kami dalam mendukung pengembangan ekosistem logistik nasional,” ungkap Daru.
Baca juga: Harga Emas Antam Logam Mulia Hari Ini Melejit hingga Nyaris Rp2,5 Juta per Gram
Saat ini, Terminal Batang telah dilengkapi dengan dermaga sepanjang 152 meter, trestle 361 meter, dan causeway 350 meter.
Saat ini pula, kolam pelabuhan memiliki kedalaman minus 5 meter LWS dan ditargetkan mencapai minus 10,5 meter setelah proses pengerukan, yang akan memungkinkan terminal ini disandari kapal hingga 10.000 DWT.
Terminal ini juga telah dilengkapi fasilitas operasional, sistem kelistrikan dari PLN sebesar 82,5 kVA, serta sistem keamanan yang terintegrasi.
Editor : Zain Ahmad
