ABK KM Sahabat Prima 8 Tewas Tertimpa Tangga Kapal

© mili.id

Tim gabungan mengevakuasi jenazah korban.(foto: Basarnas Surabaya for mili.id)

Surabaya - Seorang anak buah kapal (ABK) KM Sahabat Prima 8 ditemukan dalam kondisi tewas setelah dua hari pencarian. Sebelumnya korban mengalami kecelakaan kerja saat kapal sandar di Jetty Petro Gresik, Jawa Timur, dan terjebur ke laut.

Informasi yang dihimpun, kecelakaan kerja itu terjadi pada Senin (12/6/2023). Tim Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya yang mendapat laporan, langsung melakukan pencarian.

"Korban ditemukan meninggal dunia oleh tim SAR gabungan dengan jarak 0,43 NM dari lokasi kejadian. Ditemukan di hari kedua pencarian. Kemarin sore. Jenazah korban kemudian dievakuasi ke RS Ibnu Sina Gresik," kata Kepala Kantor SAR Surabaya, M Hariyadi, Rabu (14/6/2023).

Ia menjelaskan, berdasarkan data yang diperoleh, kecelakaan kerja yang menimpa ABK yang diketahui bernama Andika (27), itu bermula saat anggota KPLP Gresik yang mendapat laporan. 

Mengetahui itu, tim gabungan dari Kantor SAR Surabaya, KPLP Gresik, Polair, dan nelayan sekitar diterjunkan untuk mencari keberadan korban hingga kemudian berhasil ditemukan.

"Jadi, kejadiannya itu, kapal saat itu dalam posisi sandar di Jetty Petro Gresik. Nah, korban ini hendak menaikkan tangga namun naas, sling derek putus dan menimpa korban yang berdiri di atas tangga, sehingga korban jatuh ke laut," jelas Hariyadi.

Dari kejadian ini, pihaknya pun mengimbau kepada semua ABK dan para nelayan yang bekerja di laut agar lebih berhati-hati. Tentunya, juga mengedepankan keselamatan.

Reporter: Zain Ahmad

Editor : Aris S



Berita Terkait